Keamanan informasi di era digital saat ini menjadi isu serius bagi berbagai sektor industri. Bahkan perkembangan bisnis keamanan digital menunjukkan tren positif. Perusahaan penyedia jasa solusi pun mendapat angin segar dengan beragam permintaan keamanan data.

PT Mitra Integrasi Informatika (MII), anak perusahaan Metrodata Electronics Tbk. menjadi salah satu perusahaan penyedia keamanan informasi yang merasakan manfaat langsung dari meningkatnya permintaan industri melakukan proteksi data. Permintaan tertinggi datang dari sektor perbankan, terkait adanya peraturan Otoritas jasa Keuangan (OJK) tentang sistem keamanan elektronik.

Setidaknya ada tiga komponen utama dalam sistem keamanan informasi antara lain kerahasiaan, keaslian data dan ketersediaan. Gangguan keamanan sistem informasi perusahaan bermula dari kerusakan pada salah satu dari ketiga komponen tersebut.

[cpm_adm id=”11945″ show_desc=”no” size=”medium” align=”left”]

Komponen kerahasiaan bertujuan menjaga informasi perusahaan tak bocor ke pihak tak berwenang. Kemudian, otentisitas atau data mesti terjaga untuk menghindari informasi yang tak valid dan tak dapat dipertanggungjawabkan. Ketersediaan informasi merupakan salah satu fungsi elementer, bahwa perusahaan bisa diakses setiap saat oleh pihak yang berhak.

MII menggunakan sistem pengamanan hardware serta peningkatan pemahaman keamanan siber, layanan pengelolaan keamanan data beserta sekaligus timnya. Selain perbankan, sektor manufaktur, oil dan gas juga termasuk tinggi permintaan keamanan data. Sementara untuk bisnis e-commerce memerlukan pendampingan terkait kebutuhan cloud. Perkiraan pertumbuhan jasa layanan keamanan siber 2017 akan tumbuh sekitar 35 persen. []

Baca juga  Inilah Strategi SIG Catatkan Volume Penjualan 40,62 Juta Ton di 2023