Tahukah Anda bahwa Kebahagiaan karyawan ternyata juga menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan profit perusahaan. Karena semakin bahagia seorang karyawan, semakin tinggi motivasinya untuk lebih produktif. Sehingga tugas dan target yang dibebankan padanya bisa tumbuh dan berkembang dengan lebih cepat.

Dalam bukunya The Happines Advantage, Shawn Anchor mengatakan ketika individu berpikiran positif, mereka cenderung berpikir lebih kreatif dan mampu memecahkan masalah dengan baik. Menurutnya karyawan yang bahagia akan lebih jarang absen karena sakit atau merasa kelelahan apalagi mengundurkan diri. Penelitian ini dilakukan selama satu dekade dan membuktikan bahwa rasa bahagia karyawan dapat meningkatkan hampir semua pencapaian bisnis.

“Rasa bahagia (pada karyawan) mampu meningkatkan penjualan sebanyak 37%, produktivitas sebesar 31 persen, dan akurasi dalam mengerjakan tugas sekitar 19%. Peningkatan ditemukan pula pada kesehatan dan kualitas hidup (pegawai),” tulis Anchor di situs hbr.org seperti yang dilansir kompas.com.

Survey Happiness at Work dari Chiumento tahun 2007 di Inggris memunculkan hasil yang menarik bahwa kebahagiaan karyawan di lingkungan kerja berkaitan dengan dua hal utama, yaitu relasi sosial dan hasil kerja. Dalam daftar 10 hal yang membuat seorang karyawan bahagia:

1. Rekan kerja yang mendukung
2. Pekerjaan yang menyenangkan
3. Atasan yang baik
4. Pekerjaan yang baik/ keseimbangan hidup
5. Pekerjaan yang bervariasi
6. Keyakinan bahwa kita telah bekerja untuk sesuatu yang bermakna
7. Keyakinan bahwa apa yang kita lakukan membuat sebuah perbedaan
8. Menjadi bagian dari tim sukses
9. Pengakuan atas prestasi yang dilakukan
10. Gaji yang kompetitif

Adapun pengarang buku Gladiator’s Guide to Corporate Health and Wealth, Roger Sahoury, menyebut penghematan perusahaan karena karyawan yang jarang sakit bisa mencapai 250 juta dollar AS. Dikutip situs web Forbes pada 13 Mei 2015, dia menyebut gangguan tekanan darah tinggi pun turun sampai 50 persen bila karyawan merasa bahagia.

Baca juga  Ukur Kualitas Improvementmu di OPEXCON, Pendaftaran Sudah Dibuka!