News Robot VW
Sumber Photo: Getty Images

Sebuah robot pekerja di pabrik mobil asal Jerman, Volkswagen (VW) yang bekerja pada perakitan onderdil mobil dilaporkan menjadi penyebab tewasnya seorang kontraktor.

Menurut situs berita online fast FT, seorang kontraktor yang berusia 21 tahun itu sedang mempersiapkan robot untuk bekerja bersama dengan rekan-rekannya dan kemudian secara tiba-tiba robot tersebut mendorong pria itu ke pelat logam, sehingga menimbulkan memar serius di dada sang kontraktor.

Diduga, pria itu meninggal tidak lama setelah sampai di rumah sakit.

Kejadian ini, menurut juru bicara Volkswagen Heiko Hillwig seperti yang disampaikan kepada Associated Press jarang terjadi di pabrik produksi. Karena menurut Hillwig, perusahana membuat line terpisah antara pekerja robot dan manusia.

Namun, seperti dikutip Mashable, ada seorang pria yang bekerja di luar perusahaan, melaporkan telah membantu beberapa pekerja dalam mempersiapkan robot di line baru untuk produk mobil elektrik di fasilitas produksi.

Hellwig menyebutkan bahwa kemungkinan besar penyebab kecelakaan ini terjadi karena kesalahan manusia bukan karena kerusakan pada robot.

Saat ini, belum ada kepastian, apakah kecelakaan kerja ini akan diambil tindakan hukum atau tidak.***

 

Baca juga  Efisiensi vs. Efektivitas: Prioritas Manakah yang Lebih Utama?