Pemimpin memiliki sejumlah tanggung jawab mereka harus pintar menjaga jadwal mereka agar tetap teratur dan seluruh pekerjaan terselesaikan dengan baik. Mulai dari mengelola karyawan, mencari peluang pemasaran baru, mengevaluasi pekerjaan yang telah berjalan dan pemimpin juga bertugas menyelesaikan beberapa proyek dalam waktu yang bersamaan.

Pemimpin harus memiliki teknik manajemen waktu yang baik dengan seluruh anggota tim nya agar pekerjaan menjadi lebih efektif dan memaksimalkan waktu dan sesuai dengan target yang ingin dicapai. Saat seorang pemimpin memiliki banyak tuntutan pada waktu yang terbatas, mereka biasanya mengalami kesulitan mengendalikannya.

Beberapa cara mengatur waktu dengan efektif dan efisien;

1. Kuasai To-Do List Anda
Tak hanya membuat daftar tugas-tugas dan kegiatan Anda saat ini dan tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam waktu dekat, Anda juga harus menentukan kapan dan berapa banyak waktu yang anda butuhkan untuk menyelesaikannya.

2. Dahulukan Pekerjaan Tersulit
Setelah beristirahat dari pekerjaan di akhir pekan, awali minggu Anda dengan menyelesaikan tugas yang paling sulit dan paling penting di hari senin dan selasa, sehingga Anda akan lebih santai menjelang akhir minggu.

3. Jangan Takut Mendelegasikan Tugas
Belajar memberikan kepercayaan pada tim Anda. Jangan memaksa untuk menyelesaikan semua tugas sendirian. Kenali mana tugas yang dapat diselesaikan oleh tim Anda dan delegasikan pekerjaan tersebut kepada mereka dengan brief yang jelas dan dapat dipahami oleh mereka.

4. Katakan “Tidak”
Jangan ragu menolak tugas atau pekerjaan yang memang tidak masuk akal untuk Anda lakukan, baik dari segi jenis pekerjaannya maupun dari segi tenggat waktu yang diberikan.

5. Rencanakan Waktu Untuk Hal-Hal Tak Terduga
Seberapapun sempurnanya rencana to do list Anda, tetap ada hal-hal tak terduga yang selalu dapat muncul kapanpun. Selalu sediakan waktu untuk kemunculan pekerjaan tak terduga, sehingga Anda selalu siap dan memiliki solusi saat mengatasinya

Baca juga  Ragam Manfaat dari OPEXCON Project Competition 2024