Work smarter, not harder. Bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras. Karena bekerja lebih keras bukanlah cara yang lebih baik untuk memetik hasil lebih baik. Hasil terbaik didapat bukan dengan menyelesaikan tugas sebanyak-banyaknya dalam satu hari, tetapi dengan menyederhanakan pekerjaan sehingga bisa selesai lebih cepat, efisien, dan tanpa stres yang tak perlu. Setuju?

Meskipun Anda setuju akan hal ini, namun belum tentu Anda dapat mempraktikkannya karena memang hal ini tak semudah yang diucapkan. Namun jika Anda mengikuti trik manajemen waktu dari Jordan Bates yang dirangkum dari Creativity Post berikut ini, praktiknya akan lebih mudah! Berikut 7 tips di antaranya:

1. Dahulukan tugas yang paling penting, lalu lanjutkan dengan tugas lainnya.
Sehingga saat hari berakhir, Anda telah menyelesaikan tugas utama hari ini, dan bisa melanjutkan tugas lainnya keesokan hari.

2. Belajar katakan “tidak”
Terlalu banyak komitmen akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga, dan mendapatkan hasil yang tidak maksimal. Belajarlah untuk tak menerima semua kesempatan untuk memusatkan perhatian pada hal-hal penting.

3. Tidur 7-8 jam per hari
Jangan korbankan waktu istirahat Anda demi menyelesaikan pekerjaan. Anda justru membutuhkan tidur yang berkualitas setidaknya 7-8 jam per hari agar tubuh dan pikiran bisa bekerja optimal untuk menyelesaikan pekerjaan Anda dengan baik.

4. Konsentrasi penuh pada pekerjaan
Tutup halaman dan aplikasi yang tak ada hubungannya dengan pekerjaan, singkirkan atau silent ponsel Anda. Anggap semua hal tidak ada kecuali satu pekerjaan yang ada di tangan Anda.

5. Mulai sesegera mungkin
“Tugas ini kan mudah, nanti juga pasti selesai, jadi nanti sajalah,” – hentikan kebiasaan menunda-nunda seperti ini. Memulai pekerjaan lebih awal akan membuahkan hasil yang lebih baik karena dikerjakan dengan tenang tanpa dikejar waktu.

Baca juga  5 Pemborosan Waktu Yang Bikin Tak Produktif 

6. Olahraga dan makan sehat
Banyak hasil riset menunjukkan bahwa gaya hidup sehat berbanding lurus dengan produktivitas. Sama dengan tidur cukup, berolahraga dan makan makanan sehat pun meningkatkan energi dan memudahkan konsentrasi Anda.

7. Manfaatkan weekend, sedikit saja
Memang rasanya tak menyenangkan merusak weekend yang berharga dengan pekerjaan. Tetapi mengorbankan 2-3 jam untuk sekedar “curi start” tak akan menyakitkan. Malah, Anda akan merasa “terselamatkan” saat hari Senin datang.

Namun dari semua tips, ada satu yang paling penting, yakni nikmati pekerjaan Anda. Terkadang, saking sibuknya Anda bekerja, Anda lupa menikmatinya. Padahal, menikmati pekerjaan dengan rasa senang sangat mempengaruhi hasil. Meminjam istilah anak-anak zaman sekarang: “jangan lupa bahagia.”