Leadership badai

Kesuksesan bisnis seringkali dikaitkan dengan cerita-cerita inspiratif mengenai perjuangan untuk melalui rintangan-rintangan yang sulit untuk menjadikan perusahaan lebih baik. Adanya kerugian-kerugian yang muncul, atau tahun-tahun yang berlalu tanpa adanya perubahan yang berarti sebelum akhirnya melakukan suatu terobosan yang spektakuler merupakan contoh yang dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan masa kini.

Mendengarkan cerita-cerita dari pemimpin perusahaan yang telah berhasil membawa perubahan dan menyelamatkan perusahaan dari ambang kegagalan menuju kepada keberhasilan yang gemilang menjadi motivasi yang sangat bagus bagi pemimpin perusahaan masa kini. Perlu diketahui bahwa untuk menjadi pemimpin yang sukses dan berhasil, inspirasi mutlak diperlukan, namun jangan pernah lupakan untuk merencakanan. Ketika seorang pemimpin menghadapi masa sulit dalam perusahaan yang dipimpinnya, sebaiknya tetap berpegang pada empat kunci penting berikut:

1.Tetap tenang dan berpikir dengan kepala dingin

Ada sebuah ungkapan yang sangat sering digunakan sehubungan dengan leadership, bahwa ‘Kecepatan pemimpin mencerminkan kecepatan tim.’ Tidak diragukan lagi, perilaku seorang pemimpin selalu memiliki pengaruh yang besar terhadap semua bawahannya. Pemimpin yang menampakkan tanda-tanda kepanikan atau ketakutan yang nyata tidak akan mampu untuk mempertahankan tim dengan baik. Sikap tenang yang ditunjukkan oleh seorang pemimpin dalam tim akan menjadi motivasi tersendiri bagi anggota tim yang lain.

2. Bersikap terbuka dengan tim

Orang-orang yang tepat yang tergabung dalam suatu organisasi dengan pemimpin yang bersikap terbuka, akan mampu menghasilkan ide-ide cemerlang untuk mengatasi tantangan yang muncul. Namun, ide-ide tersebut akan sangat membantu apabila pemimpin telah menjelaskan situasinya. Seorang pemimpin sangat perlu untuk bersikap terbuka, tetapi jangan bertindak gegabah dalam keterbukaan tersebut.

3. Gambarkan visi yang menginspirasi

Sebuah tim membutuhkan visi yang sangat kuat ketika menghadapi kesulitan. Pemimpin yang baik akan menggambarkan suatu visi untuk tim dan bersama-sama mengembangkan strategi berkualitas untuk mengembalikan keadaan perusahaan menjadi lebih baik. Jangan pernah meremehkan kemampuan tim yang telah terinspirasi oleh visi yang diciptakan pemimpin mereka.

Baca juga  Ekosistem Menjadi Penentu Keberhasilan Improvement

4. Bergerak secara proaktif sesegera mungkin

Saat perusahaan berada di ambang kegagalan, suatu tindakan cepat sangat dibutuhkan lebih dari apapun. Tidak diragukan lagi, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan tindakan tersebut akan menjadi sangat singkat. Semakin cepat sebuah tim bertindak dan kembali proaktif, maka keputusan jangka panjang yang dibuat akan cenderung menjadi lebih baik lagi.

Penurunan dan bahkan kegagalan menjadi hal yang biasa terjadi di perusahaan. Hambatan-hambatan tersebut merupakan sesuatu yang normal. Untuk tetap bisa bertahan, bagi seorang pemimpin pastinya mengasihani diri sendiri, menyalahkan orang lain, atau melakukan pengandaian merupakan hal-hal yang sangat dilarang untuk dilakukan. Seorang pemimpin yang berkualitas tidak punya waktu lebih untuk memikirkan semua itu. Tetap terfokus pada tujuan awal dan selalu ingat bahwa tim terbaik datang dari kejatuhan, kegagalan, dan keterpurukan untuk mendapatkan dan mampu melalui semua pengalaman tersebut.***