Critical to Quality Tree (CTQ Tree) adalah tool Lean yang sangat sederhana dan fleksibel untuk membantu mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, dan menguraikan semua kebutuhan tersebut menjadi poin-poin yang dapat diukur. Data yang terdapat di struktur “tree” membantu kita dengan memberikan dorongan untuk membedah kebutuhan-kebutuhan menjadi poin-poin yang lebih terperinci yang dapat menjadi dasar struktur proyek.

CTQ Tree akan memberikan manfaat seperti:

  • Memberikan panduan dalam menempuh langkah yang diperlukan untuk mengubah kata-kata “Saya ingin…” atau “Saya butuh…” dari pelanggan menjadi poin-poin yang terukur dan bisa dicapai.
  • CTQ Tree akan membantu ketika Anda terlibat dalam proyek yang memiliki banyak aspek “lunak” atau kualitatif, dan hanya memiliki sedikit dimensi yang terukur.
  • Memberikan bantuan dalam menyusun prioritas indikator outcome yang memiliki hubungan penting satu sama lain, mana yang tidak.
  • Membantu ketika akan mengidentifikasi matriks untuk fokus kepada semua hal yang berkontribusi dalam kesuksesan sebuah proyek.

Baca juga  Wajib Tahu, Mengapa Kompetisi Inovasi Penting bagi Perusahaan?