SHIFT SSCX Simulasi Lean Six Sigma

Ketika akan membangun sebuah budaya dari process excellence, kebanyakan organisasi yang belum menerapkan Lean Six Sigma di dalam organisasinya tidak mengetahui bagaimana sebenarnya mereka bisa meningkatkan profitabilitas tanpa harus mengeluarkan investasi lebih untuk operasional perusahannya.

Prinsip-prinsip Lean yang sangat mengedepankan efektifitas dan efisiensi dapat membantu organisasi menghilangkan biaya-biaya yang timbul dari aktivitas yang sebenarnya tidak diperlukan atau disebut waste.

Perjalanan dari para pemimpin yang menjadikan budaya perbaikan terus-menerus (continuous improvement) sebagai salah satu cara melakukan bisnis memang membutuhkan waktu. Tapi, bukan berarti membangun budaya perbaikan terus-menerus ini tidak  bisa dilakukan.

Berikut 3 manfaat dari aktivitas workshop Lean Six Sigma yang bisa Anda dapatkan:

1. Mengenal Aktivitas Waste

Tidak ada cara yang lebih efektif selain belajar sambil melakukan atau learning by doing untuk memahami bagaimana suatu hal itu bekerja. Begitupun dengan organisasi yang baru akan menerapkan Lean Six Sigma. Mereka harus melibatkan seluruh karyawan untuk dapat memahami konsep dasar Lean Six Sigma. Salah satu caranya bisa dengan mengikuti workshop tentang Lean Six Sigma atau simulasi bagaimana suatu bisnis beroperasi. Dengan skenario bisnis tersebut, para karyawan akan mampu mengenali aktivitas yang tidak bernilai tambah (waste) dan kemudian bisa belajar bagaimana menghilangkan aktivitas waste tersebut.

2. Mengaplikasikan tools Lean Six Sigma

Workshop dimulai dengan gambaran singkat bagaimana Lean Six Sigma diterapkan di dalam sebuah organisasi dan bergerak menjadi pembelajaran interaktif tentang cara kerja bisnis transaksional. Para karyawan mendapatkan kesempatan untuk mengolah data baru, penemuan baru sehingga mereka bisa mengaplikasikan tools Lean Six Sigma untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

3. Mengapresiasi kerja tim

Keuntungan lain menggunakan simulasi ini adalah sebagai alat untuk memimpin tim yang potensial dan juga proses kerja tim. Pengalaman dari simulasi ini dapat membangun apresiasi dan pemahaman dasar tentang Lean Six Sigma yang paling mungkin diterapkan di dalam organisasi. ***

Baca juga  Belajar Inovasi dari Kesuksesan Icons K-Pop BTS