Total Quality Management (TQM) adalah pendekatan manajemen untuk mencapai hasil yang terbaik dengan memusatkan semua kegiatan bisnis dan proses pada kepuasan pelanggan. Dengan kata lain segala sesuatu di TQM didefinisikan melalui lensa kepuasan pelanggan. Program ini akan mendorong perusahaan melakukan sistematisasi proses, mengurangi defect, memperpendek cycle time, dan menyediakan layanan dan produk berkualitas untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Implementasi metode TQM membutuhkan adanya continuous improvement yaitu perbaikan secara berkelanjutan dan keterlibatan seluruh anggota karyawan serta didukung kemampuan teamwork yang baik.

Sebelum terlalu jauh membahas apa itu TQM, kita harus mengetahui apa yang menjadi elemen kunci TQM. Sebagaimana setiap bangunan yang selalu memerlukan pondasi, metode TQM juga dipengaruhi oleh 3 elemen kunci yang berjalan beriringan dan saling berkontribusi menentukan sikap produktif di perusahaan, yaitu ethics, integrity, dan trust.

1. Ethics
Etika adalah telaah tentang hal yang baik dan buruk, bentuk kedisiplinan untuk melakukan apa yang baik dan benar untuk menghindari apa yang buruk dan salah di organisasi. Etika ini sangat mempengaruhi kinerja karyawan, karena akan berkaitan dengan kepercayaan dan loyalitas karyawan. Sehingga kode etik perlu dilembagakan sebagai pedoman atau komitmen perilaku bagi organisasi dan seluruh karyawan.

[cpm_adm id=”11945″ show_desc=”no” size=”medium” align=”left”]

2. Integrity
Integritas termasuk di dalamnya adalah nilai, kejujuran, moralitas, dan ketulusan. Semua terwujud dalam hubungan antara perusahaan dengan pelanggan. Apabila orang-orang di perusahaan tidak mempunyai integritas maka mereka akan menggunakan ketidakjujuran dalam memenuhi ekspektasi pelanggan dan stakeholders. Integritas akan mewujudkan daya saing perusahaan yang kuat. Karena dengan integritas yang tinggi perusahaan dapat memenuhi permintaan pelanggan dengan produk atau jasa yang berkualitas dengan jujur dan dapat dipercaya, sebuah karakteristik yang diidamkan oleh pelanggan.

Baca juga  Inspirasi dari Lapangan: Pelajaran Operational Excellence dari Permainan Basket

3. Trust
Kepercayaan adalah faktor krusial yang mempengaruhi keberhasilan TQM. Kepercayaan mendorong tim mampu memberikan produk dan layanan yang berkualitas tinggi kepada pelanggan. Dengan adanya kepercayaaan maka lingkungan akan lebih kooperatif. Jika ada masalah muncul, proses identifikasi masalah ,proses analisa masalah, pencarian solusi masalah, dan pengambilan keputusan akan menjadi lebih mudah.