Perusahaan lebih sering melakukan transformasi bisnis ketika mereka merasakan pentingnya untuk membuat pembaharuan drastis pada proses yang sedang berlangsung. Dengan memanfaatkan metode-metode transformasi proses, perusahaan memiliki kesempatan besar untuk memodernisasi proses, menghemat biaya, dan mengintegrasikan sistem inti dengan lebih baik. 

Transformasi dilakukan dengan mengidentifikasi proses yang tidak bekerja pada kapasitas maksimal dan bagaimana mendapatkan solusi alternatif yang dapat diterapkan mengarah pada upaya meningkatkan pendapatan, kepuasan pelanggan, memperluas pangsa pasar, atau mengurangi pengeluaran yang tidak efisien. Dengan menggunakan strategi ini, secara otomatis organisasi bisa mendapatkan proses dan sistem terbaik yang mana peningkatannya terukur. Namun, bagi banyak organisasi ini tentu bukanlah proses yang sederhana. Terlebih jika organisasi tersebut masih menggunakan sistem atau teknologi yang sudah tertinggal dan memiliki staf dengan pola pikir yang cenderung takut terhadap perubahan. 

Mengapa Transformasi Dibutuhkan? 

Setiap bisnis dapat mengambil manfaat dari transformasi, salah satunya adalah untuk mengarahkan bisnis agar sesuai dengan tujuan strategi baru yang baru saja dibuat. Ketika pasar bergerak, mau tidak mau kita sebagai pelaku bisnis harus segera bertindak, membangun strategi baru untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan pasar, atau bisa juga dengan melihat kompetitor lain melakukannya. Selanjutnya, perusahaan harus memiliki langkah pasti untuk mengubah bisnis sesuai dengan kebutuhan. 

Transformasi proses bisnis juga memungkinkan bisnis untuk terus mencari cara mencapai hasil yang lebih baik melalui sejumlah inovasi. Saat ini sebagian besar korporasi menjadikan inovasi sebagai core perusahaan. Kenapa inovasi menjadi sangat penting? Mari kita sedikit menengok ke belakang, beberapa dekade lalu orang harus menggunakan mesin ketik dan mencetak dokumen namun sekarang semua bisa dilakukan secara online, artinya kita saat ini sedang hidup di era yang serba cepat, dan kecepatan inovasi menentukan masa depan organisasi. 

Baca juga  Dua Hal Esensial untuk Menciptakan Perubahan

Sangat mudah bagi perusahaan dengan sistem tertinggal untuk terdisrupsi dari pasar, sebab laju kerja yang lambat akan berpengaruh langsung terhadap nilai kompetitif. Untuk itu sangat disarankan bagi perusahaan segera melakukan transformasi yang dapat memotong biaya di masa depan dengan melakukan sejumlah pembaharuan, utamanya di area yang dapat meningkatkan produktivitas dan output. Mendengarkan masukan dari karyawan dan apa saja yang menurut mereka sebagai prioritas akan membuat karyawan lebih termotivasi untuk melakukan perubahan. Ingat, memangkas biaya tidak akan menjadi strategi yang berhasil tanpa adanya dukungan dari tim, dengan kata lain kecil kemungkinan perusahaan akan mencapai sukses yang ideal. 

Transformasi bukan hanya sekedar kata kunci ketika menghadapi segala ketidakpastian global. Transformasi adalah strategi yang harus dipilih oleh semua pemimpin bisnis. Mengapa? Karena ini adalah upaya yang bisa membantu bisnis untuk mengidentifikasi apa saja yang perlu diubah menggunakan strategi yang terfokus.

Mungkin menakutkan ya excellent people jika membayangkan bagaimana kita harus memulai dari awal lagi setelah nyaman menggunakan sistem yang diterapkan bertahun-tahun, tetapi jika kita tidak melakukannya itu akan jauh lebih mengerikan lagi ya excellent people. Kita berisiko ketinggalan jaman sementara pesaing kita tidak pernah berhenti melakukan transformasi dan perbaikan secara konsisten. 

Mulai Transformasi Anda dengan SHIFT

Memiliki rencana transformasi proses bisnis yang efektif akan membantu perusahaan bergerak mengikuti kurva dengan tren yang positif, ini akan mendorong perusahaan mendapatkan budaya yang lebih baik dimana pemimpin, karyawan dan strategi mampu bersinergi. 

Untuk itu adalah penting bagi perusahaan memikirkan transformasi sebagai strategi yang dinamis dan terus berkembang di organisasi. Excellent people tidak bisa hanya bertumpu pada satu rencana, menjalankannya, kemudian menjadikannya tumpuan. Selalu tantang diri Anda dan team Anda untuk terus melakukan upaya peningkatan baik itu dalam hal peningkatan personal maupun organisasi.

Baca juga  Mengantisipasi resistensi dalam proses transformasi

Salah satu kunci keberhasilannya adalah excellent people jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu yang baru dan melakukan perubahan. Dan kabar baiknya, ada SHIFT Indonesia yang hadir setiap hari di berbagai kanal mulai dari website shiftindonesia.com, sosial media SHIFT Indonesia, dan youtube SHIFT Indonesia memberikan inspirasi dan insight menarik seputar dunia transformasi dan operational excellence untuk menemani Anda.

So, excellent people jangan ragu lagi, mulai perjalanan transformasi Anda sekarang juga dan optimis bahwa perusahaan Anda akan menjadi pemimpin melalui transformasi bisnis. Jika excellent people tertarik untuk mengikuti kompetisi inovasi dan improvement, SHIFT Indonesia setiap tahun menyelenggarakan kompetisi bertajuk OPEXCON Project Competition. Informasi selengkapnya Anda bisa menghubungi tim SHIFT Indonesia melalui email info@shiftindonesia.com atau wa 087857630200.

Salam improvement! 

Sumber : (Deloitte, McKinsey, Entrepreneur.com) dan dipublikasi di Majalah SHIFT Indonesia