Lean Six Sigma (LSS) adalah metode yang terbukti mampu meningkatkan kinerja organisasi melalui proses improvement. LSS merupakan gabungan dari metode Lean yang fokus menghilangkan pemborosan, dan Six Sigma yang fokus pada peningkatan kualitas, Bagi Anda yang bekerja di bidang quality, tentu saja sertifikasi LSS ini akan membantu pekerjaan Anda dan juga naik jabatan.

Sertifikasi LSS terbagi dalam beberapa tingkatan, dimulai dari White Belt. Dalam pelatihan White Belt, peserta dilatih untuk memiliki dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan tentang apa itu LSS. Tujuannya yaitu agar mampu mendukung tugas Green Belt dan berkontribusi terhadap proyek. Pelatihan White Belt biasanya diselenggarakan selama dua hari.

Sertifikasi selanjutnya yaitu Green Belt. Green Belt adalah mereka yang dilatih untuk bisa menguasai tools LSS dan memiliki keterampilan yang hebat dalam memimpin proyek improvement. Jika mengikuti pelatihan White Belt Anda akan belajar penerapan tools dan teknik LSS di bidang tertentu, misal mengumpulkan data untuk suatu proyek. Nah, Green Belt inilah yang akan mengambil langkah berikutnya yaitu DMAIC. Ketika menjalankan tugasnya, seorang Green Belt akan disupervisi oleh seorang Black Belt.

Black Belt, orang yang memiliki sertifikasi ini memiliki semua keahlian proyek LSS ditambah pemahaman yang dalam tentang area improvement. Artinya, mereka mampu membangun strategi yang efektif sehingga proyek dapat memberikan dampak yang lebih luas. Jika para White Belt dan Green Belt menjalankan proyek sambil tetap menjalankan pekerjaan harian mereka (sering disebut part-timer), nah, Black Belt menggunakan waktu mereka sepenuhnya untuk menjalankan proyek improvement.

Melihat best practice, perusahaan memulai perjalanan continuous improvement mereka dengan memberikan sertifikat White Belt untuk memberikan bekal dasar pada karyawan. Ini adalah langkah awal yang baik untuk melembagakan proses improvement di organisasi. Pengenalan mindset dan tools LSS disini diperlukan untuk mengubah cara berpikir, bekerja dan berperilaku semua karyawan. Namun, tentu saja Anda dapat mengikuti sertifikasi LSS sesuai dengan kebutuhan Anda.

SSCX akan menyelenggarakan pelatihan LSS White Belt dan Green Belt di bulan Maret mendatang, catat tanggalnya!

Baca juga  Memahami Perlawanan dalam Proses Perubahan itu Penting, Ini Alasannya.

SSCX LSS White Belt, 16 – 17 Maret 2022
SSCX LSS Green Belt Week 1, 21 – 23 Maret 2022

Informasi lebih lanjut www.sscxinternational.com

Salam improvement!