Excellent people, DOE adalah tool dalam metode Six Sigma yang dapat membantu Anda menentukan dampak input dari suatu proses terhadap produk akhir.

Jika sebelumnya Anda kesulitan mengidentifikasi variabel apa yang paling berpengaruh terhadap suatu proses, dengan DOE Anda tidak hanya akan tahu variabel kritis-nya saja tetapi juga dampak dari modifikasi variabel terhadap kinerja proses.

5 Aspek Penting dalam DOE

1. Factor

Yaitu input dari suatu proses yang diklasifikasikan sebagai variabel terkontrol atau tidak dapat dikontrol

2. Levels/ Setting

Setelah faktor dipilih, tim akan menentukan pengaturan dimana faktor-faktor tersebut akan dieksperimen

3. Run

Eksperimen biasanya dilakukan dalam dua atau terkadang tiga tingkatan untuk setiap faktor

4. Response

Hasil atau output dari eksperimen. Ukur dan analisa setiap hasil untuk menentukan faktor dan pengaturan dengan hasil terbaik

5. Replication

Replikasi beberapa rangkaian eksperimen agar kita mendapatkan banyak data untuk mengevaluasi hasilnya.

Excellent people, penting diketahui bahwa eksperimen yang dilakukan dengan baik dapat membantu kita menghemat waktu proyek dan juga menuntaskan berbagai masalah kritikal yang sebelumnya tidak terlihat. Secara spesifik, interaksi dari faktor-faktor tersebut dapat diobservasi dan dievaluasi. Tim dapat mempelajari faktor-faktor yang penting dan tidak penting. Adapun DOE yang sukses ditandai dengan munculnya hubungan antara perubahan dari setiap faktor dengan perubahan dari responsnya. Setelah hubungan ini dipahami dengan baik, mereka dapat digunakan untuk menemukan solusi yang praktis dan efisien.

DOE wajib dikuasai oleh para praktisi improvement, tidak terkecuali Anda. Kuasai DOE dalam waktu singkat dengan mengikuti pelatihan DOE dari SSCX. Informasi lebih lanjut hubungi tim SSCX di 08175763021.

Baca juga  Apa itu PROBLEM? Inilah hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang-nya!