Apa yang dilakukan personal trainers di fitness centers dapat kita pelajari dari sekian banyak buku dan majalah terkait fitness. Tidak ada hal yang ajaib yang mereka lakukan.

Misalnya saja, mereka meminta trainee-nya untuk sit-up atau push-up, melakukan latihan beban untuk dada, punggung, paha dan lain lain. Tetapi, kenapa mereka yang menggunakan personal trainers dapat mencapai hasil yang lebih cepat dan lebih signifikan?

Pertama, konsistensi dalam follow up. Personal trainer konsisten membimbing traineenya untuk mempunyai jadwal yang teratur untuk latihan. Mereka menghubungi trainee dalam interval waktu yang jelas, apakah setiap hari atau 2 hari sekali untuk mengatur kapan kita latihan. Kekuatan dalam follow up ini di berbagai situasi sangatlah penting. Ayo, coba ingat lagi apa keputusan rapat tahunan di Bali atau di Bandung akhir tahun lalu, berapa yang sudah tereksekusi sesuai jadwal? Coba ingat lagi hasil rapat minggu lalu. Apakah semuanya sudah dijalankan?

Kedua, learning curve. Personal trainer tentunya sudah memiliki pengalaman baik untuk dirinya maupun saat melatih trainee lain dalam mencapai sasaran dari latihan. Apakah itu pembentukan otot atau penurunan berat badan atau peningkatan stamina. Akan lebih efektif jika trainee dapat belajar dari pengalaman-pengalaman mereka dari pada mencoba-coba sendiri. Kecuali jika kita memang memiliki banyak waktu dan senang bereksperimen. Nah, sama dengan situasi Anda sebenarnya, jangan-jangan masalah yang Anda hadapi saat ini sudah ada solusinya. Jangan-jangan, masalah Anda dapat diselesaikan karena ada orang lain yang sudah mengalaminya dan memikirkannya selama 6 bulan. Anda hanya belum ketemu orang tersebut.

Ketiga, ownership dan partnership. Ini menarik! Sadar atau tidak sadar, karena kita sudah membayar, kita jadi memiliki motivasi tambahan. Karena terlanjur sudah ‘membeli paket personal trainers’, jadinya yah ‘sedikit terpaksa’ latihan. Kemudian, karena kita merasa memliki partner yang memahami persis situasi kita, kita menjadi lebih tenang dan nyaman. Setelah beberapa saat, karena learning curve dan follow up, maka hasil akan cepat terlihat. Dan karena hasil terlihat (six packs mulai terbentuk, stamina lebih tinggi, berat badan menuju ideal, badan terasa lebih segar) jadilah keinginan latihan di gym menjadi sesuatu yang muncul dari diri sendiri. Ayo, coba ingat lagi, kapan suatu keputusan yang logis tidak dijalankan? Kapan terakhir kali kita melakukan hal yang berbeda dari kebiasaan saat ini?

Last but not least, sudahkah Anda berolah raga minggu ini?

SSCX membantu Anda dan tim Anda meningkatkan kinerja, produktivitas, dan profitabilitas perusahaan lewat coaching dan mentoring, persis seperti peran personal trainer. Tertarik mengetahui lebih lanjut? Hubungi kami di 021-5763020.

Baca juga  Ukur Kualitas Improvementmu di OPEXCON, Pendaftaran Sudah Dibuka!