OPEXCON Project Competition menerapkan konsep Triple Helix Academic-Business-Government (ABG) di dalam proses penjurian. Perwakilan dari ketiga entitas tersebut memainkan peranan sangat penting dalam menilai proyek-proyek yang berpartisipasi.

Excellent people, konsep Triple Helix merujuk pada suatu model kolaborasi yang melibatkan tiga sektor: akademisi, bisnis, dan pemerintah. Konsep ini digunakan dalam kompetisi OPEXCON dengan harapan mampu membangun sinergi yang kuat untuk mendorong inovasi dan pengembangan. Nah, berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing sektor dalam konsep Triple Helix yang diusung OPEXCON:

  1. Akademisi. Sebagai bagian dari model Triple Helix, akademisi atau lembaga pendidikan tinggi seperti universitas memiliki peran kunci dalam menghasilkan pengetahuan, melakukan penelitian, dan mendidik sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu peran penting akademisi adalah menghasilkan pengetahuan baru dan mendukung transfer teknologi ke sektor industri. Oleh karena itu, setiap tahunnya SHIFT Indonesia melibatkan akademisi dari universitas ternama di Indonesia seperti ITB dan UI sebagai juri OPEXCON.
  2. Bisnis. Profesional dari konsultan bisnis terkemuka, SCCX International, menjadi perwakilan dari sektor bisnis dalam dewan juri. Mereka membawa pengalaman praktis, pengetahuan industri, dan perspektif bisnis ke dalam penilaian proyek-proyek inovatif.
  3. Pemerintah. Pemerintah diwakili oleh perwakilan dari Kementerian Perindustrian. Mereka membawa pandangan dan pemahaman tentang regulasi industri, kebijakan pemerintah, dan aspek strategis lainnya yang dapat memengaruhi keberhasilan proyek-proyek dalam konteks industri.

Sekali lagi, melalui kolaborasi Triple Helix, kami berharap OPEXCON mampu mendorong terjadinya proses transfer pengetahuan dan pengalaman, yang pada gilirannya dapat mendorong inovasi yang lebih baik, peningkatan daya saing, dan pertumbuhan berkelanjutan. Penasaran daftar line-up juri OPEXCON tahun ini? Pantengin terus update kita di website dan sosial media SHIFT Indonesia ya!

Baca juga  Fakta Menarik yang Perlu Anda Tahu tentang Bisnis