Tulisan ini dibuat khusus untuk Anda yang ingin memecahkan masalah dan meningkatkan kualitas hidup.

Setiap orang memiliki masalah masing-masing. Masalah bisa muncul dimana dan dari mana saja, ada yang sekedar membuat kepikiran namun juga ada yang sampai mengganggu kesehatan. Beruntungnya ada metode Six Sigma DMAIC yang bisa membantu memecahkan masalah dan meningkatkan kualitas kehidupan kita sehari-hari.

Konsep Six Sigma dengan metode DMAIC seperti halnya konsep filosofi Tionghoa Yin dan Yang bahwa setiap keburukan memiliki hal baik di dalamnya. Dengan kata lain, setiap masalah selalu membawa peluang (perbaikan) di sisi tantangan. Dan peluang ini bisa kita optimalkan dengan memanfaatkan metode DMAIC.

Bagaimana Menggunakan DMAIC?

Pertama kita harus tahu dulu apa itu DMAIC. DMAIC adalah cara sistematis untuk memperbaiki proses bisnis. Cara ini sudah diakui oleh banyak perusahaan atau bisnis sebagai proven method, sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Nah, yang jadi pertanyaannya adalah bagaimana kita menggunakan DMAIC untuk meningkatkan kualitas kehidupan pribadi?

Jawabannya adalah mudah. Kita bisa menerapkan metode DMAIC dengan cara yang sama kita gunakan untuk melakukan proses improvement di bisnis, yaitu dengan pendekatan lima langkah Define – Measure – Analyze – Improve – Control.

Masih bingung? Simak penjelasan berikut ini.

Disadari atau tidak, setiap hari kita sering menetapkan suatu tujuan. Misal, saya harus bangun jam 6 pagi, saya harus selesai memasak dalam waktu 60 menit, saya harus membersihkan taman dalam 30 menit, atau saya akan membeli mobil dalam 1 tahun ke depan. Nah, biasanya antara kondisi yang diinginkan (target) dengan kondisi aktual terdapat kesenjangan atau gap. Kesenjangan inilah yang akan kita selesaikan dengan lima langkah efektif DMAIC

Baca juga  3 Hal yang Harus Anda Lakukan Agar Improvement Berhasil

Define

Yaitu menentukan masalah atau kesenjangan yang akan diselesaikan. Anda harus mendefinisikan dengan jelas apa tujuan yang akan Anda tuju. Misal, Anda seharusnya bisa memasak makanan dalam waktu 60 menit, namun saat ini Anda masih membutuhkan waktu lebih dari 90 menit.

Ya, mungkin dari kita sudah sering membuat rencana untuk memperbaiki kehidupan sehari-hari kita namun masih belum tertata baik. Mulai sekarang apapun yang ingin Anda capai dalam jangka pendek atau jangka panjang, definisikan rencana tersebut dengan jelas. Setelah itu, identifikasi faktor-faktornya kemudian dokumentasikan.

Measure

Ketahui secara detail mengenai proses yang menjadi fokus improvement Anda (yang sudah ditentukan di fase define). Misal dalam contoh kasus memasak di atas adalah berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyiapkan peralatan memasak, berapa waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan bahan masakan, dsb. Atau jika tujuan Anda adalah berhemat karena ingin beli mobil atau rumah, maka Anda harus tahu bagaimana Anda membelanjakan uang Anda – ketahui darimana sumber keuangan Anda, catat setiap pendapatan dan pengeluaran dengan rinci agar Anda bisa melihat dimana perubahan bisa Anda lakukan. Kemudian setelah semua detail diketahui, mulai kembangkan rencana untuk mengukur kemajuan Anda.

Analyze

Dalam fase ini kita akan menganalisa data yang telah dikumpulkan di fase Measure untuk menemukan penyebab masalah. Kita juga akan mengidentifikasi mana yang merupakan aktivitas value added dan non value added. Dari temuan ini kita akan menganalisa lebih lanjut mana yang berkorelasi. Misal waktu untuk memasak sangat berkaitan dengan kemudahan menemukan peralatan masak. Variasi waktu biasanya bersifat siklus, lakukan analisa lebih lanjut tentang apa yang ada di balik korelasi. Ini akan menjadi kunci Anda mengembangkan solusi.

Baca juga  Ingin Masalah Berat Badan Selesai? Gunakan Metode DMAIC

Improve

Menerapkan solusi adalah faktor kunci mencapai tujuan. Uji coba solusi yang Anda temukan untuk memperbaiki masalah Anda, dan jangan lupa meluangkan waktu untuk menilai ulang hasilnya. Lakukan pengukuran dan analisa kembali untuk memvalidasi bahwa solusi tersebut memberikan dampak sesuai yang diinginkan. Apakah menyimpan dan menata semua peralatan memasak di satu rak khusus dapat mengurangi waktu memasak? Apakah mencuci peralatan memasak setelah selesai dipakai dapat membantu memperpendek waktu memasak? Cobalah berbagai solusi potensial sehingga Anda mencapai hasil yang ditargetkan.

Control

Setelah Anda menemukan strategi yang tepat untuk masalah Anda, pastikan untuk selalu memantau dan mempertahankan kemajuan tersebut. Jika tidak, akibatnya benefit yang didapat pun tidak bisa sustain.

Nah, itu tadi penjelasan tentang metode DMAIC yang diterapkan untuk menyelesaikan masalah atau tantangan di kehidupan sehari-hari. Beritahu kami di komentar ya tantangan hidup apa yang ingin Anda segera selesaikan dengan DMAIC…. Salam Improvement!