Karena masalah ada untuk dihadapi maka metode problem solving adalah hal penting yang harus dikuasai oleh setiap orang, salah satunya yaitu Lean Six Sigma. Dengan metode Lean Six Sigma, Anda akan mampu mengenali dan juga mengatasi setiap persoalan yang datang menghampiri.

Hai, hai, hai excellent people masih dalam suasana tahun baru pastinya masih penuh dengan semangat baru. Ada yang memiliki resolusi untuk menjadi pribadi yang lebih baik? Atau memiliki karier yang lebih cemerlang? Apapun itu kita akan bagikan satu rahasia besar tentang metode pemecahan masalah bernama Lean Six Sigma dan bagaimana metode ini bisa berpengaruh besar untuk mewujudkan resolusi Anda khususnya di tahun 2022 ini.

Mengapa Lean Six Sigma? Untuk diketahui, Lean Six Sigma menjadi salah satu tool yang paling diminati banyak perusahaan utamanya untuk meningkatkan produktivitas. Oleh karena itu perusahaan berlomba meningkatkan kompetensi karyawannya melalui program pelatihan dan sertifikasi Lean Six Sigma mulai dari White belt hingga Black belt. Lalu apa hubungannya dengan saya? Excellent people, dengan memahai Lean Six Sigma kita semua akan mendapatkan kemampuan fundamental dalam menyelesaikan permasalahan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pekerjaan. Dengan demikian, akan terjadi peningkatan karier dan juga kehidupan Anda. Bingung? Yuk kita simak penjelasan di bawah ini.

Lean dan Six Sigma

Untuk mempermudah pemahaman mengenai Lean Six Sigma, kita akan bahas terlebih dahulu apa itu Lean dan Six Sigma.

Lean memiliki target utama pada efisiensi dan menghilangkan pemborosan (waste). Pemborosan atau segala sesuatu yang tidak memiliki nilai tambah di dalam proses. Tidak hanya material yang terbuang, tetapi juga sumber daya lain secara luas, termasuk waktu dan energi. Agar Anda bisa melakukan pekerjaan dengan lebih efisien, maka Anda harus membersihkan atau menghilangkan hal-hal yang tidak diperlukan. Kebanyakan manajer proyek memutuskan untuk “go lean” saat mereka dihadapkan dengan adanya pemotongan anggaran ataupun kendala lainnya, sehingga dengan penggunaan sumber daya yang terbatas ini, para anggota tim terlibat untuk mendeteksi dan menghilangkan waste yang timbul dari proses. Nah, kebalikannya organisasi yang kelas dunia tanpa dibayang-bayangi masalah finansial mereka terus melakukan upaya efisiensi tanpa henti setiap waktu sehingga menjadi kompetitif di segala lini sehingga mampu melesat jauh meninggalkan pesaingnya. Nah kalau ini diterapkan juga dalam kehidupan sehari-hari, hasilnya juga akan sangat luar biasa bukan?

Six Sigma sederhananya diartikan sebagai ukuran kualitas yang mendekati kesempurnaan. Metode yang dikembangkan Motorola ini dirancang untuk menciptakan suatu infrastruktur khusus dalam suatu organisasi sehingga mampu melakukan perbaikan proses secara berkelanjutan. Six Sigma menyediakan kerangka pemecahan masalah yang kuat dan metodologis yang dapat memperluas kemampuan organisasi untuk mengatasi perubahan secara efektif dan efisien. Adapun keberhasilan penerapan metode Six Sigma adalah karena berfokus pada nilai pelanggan. Pendekatan ini akan berhasil baik ketika telah menjadi bagian dari budaya perusahaan, nilai-nilai inti, kepercayaan dan proses yang mendefinisikan organisasi. Untuk memastikan metode ini diterapkan dari atas ke bawah, digunakan sistem belt dari Karate, yaitu Yellow Belt, Green Belt, Black Belt, dan Master Black Belt.

Pentingnya Sertifikasi Lean Six Sigma

Mempelajari metode perbaikan Lean Six Sigma dan kemudian menggunakannya dalam dunia pekerjaan akan memberikan dampak besar bagi karier dan juga masa depan organisasi. Sebab itu, memiliki sertifikasi Lean Six Sigma adalah investasi yang sangat direkomendasikan di tahun 2022 ini. Kepemilikan sertifikasi Lean Six Sigma dalam curriculum vitae Anda akan meningkatkan nilai Anda di mata atasan dan rekruiter Anda, pasalnya ini menjadi bukti bahwa Anda memiliki komitmen dan kemampuan untuk terus melakukan peningkatan kinerja.

Baca juga  AI is A Big Thing

Metode Lean Six Sigma menunjukkan cara yang efisien untuk mengatur dan mengatasi tantangan dari waktu ke waktu, kita sebagai individu dan juga sebagai bagian organisasi dengan berbagai latar belakang pekerjaan dapat menggunakan Lean Six Sigma untuk manfaat yang nyata. Ingin tahu lebih lanjut tentang metode Lean Six Sigma? Anda bisa menjadwalkan pertemuan dengan konsultan SSCX atau mengikuti pelatihan Lean Six Sigma Fundamental SSCX yang akan diadakan pada tanggal 17-18 Januari 2022 secara online sehingga bisa Anda ikuti secara fleksibel darimana saja selama ada dukungan internet. Informasi selengkapnya yuk kunjungi langsung website www.sscxinternational.com atau menghubungi tim SSCX di http://wa.me/628175763021.