google self driving cars
Image: edition.cnn.com

Google pada Selasa (27/05/2014) meluncurkan desain prototype mobil self-driving, sebuah mobil mungil dengan dua seater tanpa kemudi, tidak ada pedal gas dan juga rem.

Di kutip sbs.com, Google telah membuat mobil self driving sendiri dan berharap dapat melakukan pengujiannya secepat mungkin di tahun ini.

Dalam pernyataan yang dituliskan di blog resminya, Google mengatakan, “Mobil-mobil ini tidak akan memiliki roda kemudi, pedal gas, ataupun rem karena mobil-mobil tersebut tidak membutuhkannya. Perangkat lunak dan sensor buatan kami lah yang akan melakukan itu semua,” kata Google pada Selasa.

Bagi Google, mobil self driving ini bisa menjadi pioneer untuk transportasi individu di masa depan yang hanya memerlukan fungsi stop-and-go.

Google mengatakan pihaknya berencana untuk membuat sekitar 100 prototype kendaraan. “Akhir tahun ini drivers akan mulai menguji versi awal dengan kontrol manual. Jika semua berjalan lancar, kami ingin menjalankan program percontohan kecil di sini, di California dalam beberapa tahun mendatang,” lanjut Google.

Kecepatan tertinggi kendaraan yang nantinya akan menggunakan tenaga baterai ini hanya mencapai 40km/jam.

Kata surat kabar The San Jose Mercury, mobil self driving mungil itu memiliki fitur keamanan seperti kaca depan yang fleksibel dan bahan foamlike yang meliputi seluruh bagian depan kendaraan tersebut.

Sementara itu, perdebatan tekait prototype mobil self driving Google ini pun masih terus bergulir, bahkan menimbulkan beberapa isu baru seperti keamanan dan juga peraturan lalu lintas seperti apa yang akan disesuaikan dengan jenis mobil seperti itu. ***RR

Sumber : sbs.com

Baca juga  Mengenal Konsep Triple Helix yang Diusung dalam Kompetisi OPEXCON