OPEXCON adalah contoh nyata bagaimana konferensi dan kompetisi yang berkualitas dapat memainkan peran penting dalam mendukung budaya inovasi di Indonesia.

Upaya untuk mempromosikan budaya inovasi telah menjadi fokus utama pemerintah Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. OPEXCON (Indonesia Operational Excellence Conference & Award) pun telah menjadi salah satu inisiatif penting yang mendukung pengembangan budaya inovasi.

OPEXCON adalah konferensi tahunan yang diselenggarakan SHIFT Indonesia dengan tujuan utama untuk mempromosikan praktik Operational Excellence (OPEx) di berbagai sektor bisnis. Konferensi ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga untuk merangsang budaya inovasi di antara para pelaku bisnis di Indonesia.

Dengan salah satu programnya yaitu penguatan skill dan kompetensi para project leader, OPEXCON membantu mendorong transformasi positif dalam berbagai sektor industri, memungkinkan Indonesia untuk tetap bersaing dalam era inovasi global yang terus berkembang. Melalui upaya ini, Indonesia pun bisa terus mengukuhkan dirinya sebagai pusat inovasi yang semakin relevan di tingkat internasional.

OPEXCON Dukung Budaya Inovasi

Salah satu aspek paling penting dalam mengembangkan budaya inovasi adalah memastikan bahwa para pemimpin proyek memiliki skill dan kompetensi yang diperlukan untuk memimpin tim mereka dengan baik dan memacu kreativitas. SHIFT Indonesia yang sangat aware akan pentingnya hal tersebut dalam penyelenggaraan OPEXCON yang ke-12 telah mempersiapkan serangkaian workshop, seminar, dan sesi pelatihan yang dirancang khusus untuk para project leader.

Dalam acara ini, para peserta mendapatkan kesempatan untuk belajar dari para senior trainer yang berpengalaman dalam menghadapi tantangan inovasi. Mereka juga diajak untuk berpartisipasi dalam berbagai studi kasus dan interaksi langsung yang memungkinkan mereka untuk lebih eksplore solusi untuk situasi yang mereka hadapi.

Baca juga  Menerapkan Program Behavior Improvement¬†

Penguatan Skill dan Kompetensi

OPEXCON berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi para project leader dengan menyediakan platform dimana mereka dapat meningkatkan pengetahuan mereka tentang manajemen dan metodologi proyek, kepemimpinan, dan keterampilan inovasi. Para peserta yang telah terdaftar di OPEXCON Project Competition 2023 akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti 1Day Workshop Design Thinking, DMAIC, dan juga PDCA selama tiga hari berturut yaitu pada tanggal 11 – 13 September 2023.

Mereka juga akan dievaluasi langsung oleh para Dewan Juri dalam final penjurian yang akan diselenggarakan pada tanggal 9 – 14 Oktober 2023 berlokasi di Jakarta. Dalam sesi ini peserta kompetisi akan mendapatkan feedback dan input dari Dewan Juri yang beranggotakan Akademisi (UI/ITB), Pemerintah (Kementerian Perindustrian), dan Praktisi (SSCX) diantaranya tantang bagaimana mengidentifikasi peluang inovasi, mengembangkan ide-ide baru, dan mengelola risiko inovasi.

OPEXCON Beri Dampak Positif

OPEXCON telah memberikan dampak positif yang signifikan dalam mendukung budaya inovasi di Indonesia. Para project leader yang telah mengikuti rangkaian kegiatan di tahun-tahun sebelumnya telah melaporkan peningkatan dalam pemahaman mereka tentang inovasi dan kemampuan untuk mengimplementasikannya dalam lingkungan kerja mereka.

Selain itu, OPEXCON juga telah membantu membangun jaringan kolaboratif di antara para pemimpin proyek di berbagai industri. Ini memungkinkan pertukaran ide-ide inovatif dan pemahaman tentang best practices di bidang masing-masing.

Ingin terhubung dalam komunitas OPEXCON bersama lima ratus lebih pelaku improvement? Daftarkan diri Anda ke konfensi OPEXCON 2023 yang akan diadakan pada 21 November 2023 dengan mengusung tema Operational Excellence for Business Sustainability and Growth. Informasi lebih lanjut hubungi 087857630200. Salam improvement!