SHIFT SSCX News BMW

Produsen mobil asal Jerman, BMW kabarnya telah memulai proyek percontohan (pilot project) dengan menguji coba penggunaan teknologi wearable sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas mobil-mobilnya. Para staf di pabrik Carolina Selatan menggunakan Google Glass untuk merekam dan mendokumentasikan potensi penyimpangan saat proses perakitan.

Proyek ini merupakan bagian dari kampanya BMW Industry 4.0, yang dirancang untuk mengevaluasi penerapan teknologi baru dalam memberikan dukungan kepada pekerja yang ada di lini produksi.

Koordinator proyek BMW Dr. Jorg Schulte mengatakan, “selama jangka waktu proyek percontohan, kami berencana untuk menambahkan fitur video call sehingga masalah dapat dibicarakan dengan wilayah pengembangan masing-masing.

Menurut laporan perusahaan, proyek percontohan ini bisa dibilang sukses dan ada rencana untuk kembali memanfaatkan teknologi di lini akhir perakitan (final assembly).

Jorg menambahkan bahwa dengan Google Glass para staf yang ikut dalam proyek percobaan ini dapat tetap berada di mobil sambil melihat situasi pabrik pada layar  yang terintegrasi dan melakukan instruksi dengan kontrol suara. Sehingga kedua tangan mereka bisa tetap bebas melakukan uji coba mobil setiap saat.***

Sumber: Gizmag.com

Baca juga  Optimisme Hadapi Tantangan Pasar Keuangan Global