Tahukah Anda jika penanganan masalah yang dilakukan secara sistematis dapat membantumu menjadi lebih kreatif dalam mengidentifikasi masalah dan menemukan jalan keluar?

Secara umum masalah didefinisikan sebagai suatu perbedaan antara apa yang kita harapkan terjadi dengan apa yang sebenarnya terjadi, atau sederhananya harapan vs kenyataan. Baik itu dalam kehidupan personal maupun berorganisasi kita sering menjumpai masalah dalam berbagai bentuk, tapi satu hal yang pasti adalah dalam upaya menyelesaikan masalah kita harus membuat sebuah keputusan atau pemilihan secara rasional atas beberapa alternatif penyelesaian masalah. 

Agar secara konsisten mampu membuat keputusan yang lebih baik, maka kita perlu mengembangkan suatu pendekatan yang sistematis. Namun, sebelum kita membahas lebih lanjut apa itu pendekatan sistematis dan bagaimana langkah-langkahnya, kita harus mengetahui lebih dulu perbedaan antara keputusan yang buruk dengan keputusan yang salah sehingga bisa terhindar dari keduanya. Keputusan yang buruk adalah bila seseorang melakukan proses pengambilan keputusan secara tidak rasional, mendua (bias), tidak memadai atau tidak sempurna. Sedangkan Keputusan yang salah adalah bila seseorang memilih tindakan yang tidak memecahkan atau menyelesaikan masalah.

Kenapa Pendekatan Sistematis itu Penting? 

Apapun bisnis yang Anda jalankan, apapun posisi Anda saat ini, satu hal yang paling penting Anda pelajari adalah bagaimana Anda mampu membuat keputusan secara terstruktur, sistematis, dan tidak serampangan.

Pendekatan sistematis tidak selalu menghalangi ide-ide baru di perusahaan, tetapi sebaliknya secara konsisten dapat mendorong orang-orang yang terlibat menjadi lebih kreatif dalam mengidentifikasi dan mencari jalan keluar atas permasalahan yang sedang dihadapi. Dengan bertindak dan memperbaiki masalah secara sistematis, organisasi juga membuat kemajuan dalam mengembangkan budaya pemecahan masalah yang pada akhirnya dapat memuluskan jalan untuk mencapai solusi dengan skala lebih besar.

Baca juga  Inspirasi untuk Menemani Hari Anda

Seseorang yang kreatif melahirkan ide orisinil atau sesuatu yang berbeda. Kreativitas akan menimbulkan nilai tambah dan jika nilai tambah ini signifikan maka hasilnya akan disebut sebagai inovasi. Nilai tambah tersebut secara kuantitatif dapat dilihat dari besar dampak finansial bagi perusahaan.

Pertanyaannya, bagaimana perusahaan kemudian bisa mendorong orang-orang kreatif dalam mengambil keputusan? Jawabannya baca di artikel kami berikutnya yah!