Jangan pernah menganggap bagian Human Resources Development (HRD) adalah bagian yang terpisah sama sekali dari bisnis Anda. Jika Anda berpikiran, “Ah, hanya HRD,” maka seluruh bagian organisasi pun akan berpikir demikian.

Padahal, Human Resources adalah bagian yang erat dengan pelayanan dan strategi bisnis. Sangat penting bagi tim HRD untuk mengetahui strategi apa yang dijalankan perusahaan sehingga pendekatan yang dijalankan oleh HRD pun dapat sesuai. Itulah mengapa HRD adalah bagian vital yang mutlak diperlukan oleh sebuah perusahaan. Bagian ini bertugas mengurus seluruh keperluan pegawai dari tingkat paling rendah hingga paling tinggi.

Oleh karena itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai Manajer HRD:

1. Kemampuan Berkomunikasi
Manajer HRD harus dapat berkomunikasi dengan baik dengan para karyawan, dengan bahasa yang efektif dan efisien. Adanya kesempatan bagi semua karyawan untuk mengemukakan pendapatnya. Ia perlu berbagi ide, pemikiran, dan strategi dengan para karyawan, karena mereka perlu memahami pentingnya tujuan perusahaan, dan itu disampaikannya dengan bahasa tepat, singkat, dan jelas.

2. Jujur dan Rendah Hati
HRD merupakan bagian penting dalam perusahaan, yang berinteraksi dengan seluruh karyawan. Karena itu sikap jujur dan rendah hati dengan semua karyawan sangat dibutuhkan Manajer HRD. Dengan demikian, akan timbul rasa hormat dan kagum dari para karyawan kepadanya.

3. Memotivasi Karyawan
HRD harus mampu untuk memotivasi, menginspirasi, dan mendorong semangat para karyawan untuk sukses dalam mencapai tujuan organisasi, serta meyakinkan mereka apa yang dikerjakan adalah untuk kebaikan bersama, baik bagi perusahaan maupun bagi karyawannya.

4. Fokus Ganda
HRD harus mampu berdiri di tengah–tengah antara kepentingan dan kebutuhan karyawan dan manajemen. Ada kalanya harus mengambil keputusan untuk membela kepentingan karyawan, dan pada saat yang lain dihadapkan keharusan untuk membela kepentingan organisasi. Dengan posisi ini, ada kemungkinan disalahpahami, dan kuncinya ada pada komunikasi.

Baca juga  Wajib Tahu, Mengapa Kompetisi Inovasi Penting bagi Perusahaan?

5. Mampu Menjaga Rahasia
Di samping rahasia perusahaan, ada pula privasi karyawan yang perlu dijaga dengan baik.

6. Berwawasan Luas dan Peka dengan Berbagai Keadaan
HRD harus mahir dalam membaca situasi. Dalam situasi buruk, Manajer HRD harus dapat mencegah situasi menjadi semakin buruk, dan berupaya memulihkannya. Ia harus dapat membaca keinginan karyawan. Ia juga harus menentukan prioritas pekerjaan, dari yang paling penting hingga kurang penting, dari yang paling sulit hingga paling mudah. Dalam wawancara kerja, Ia memahami benar karakteristik pelamar kerja dari kata-kata, kemampuan, sikap dan sebagainya.

7. Mengorganisasikan dengan Baik
Antara lain mengelola waktu dan pekerjaan dengan baik, karena berurusan dengan kelangsungan hidup dan karier orang banyak. Karyawan yang datang menghadap untuk curhat masalah keluarga, klien yang datang untuk sebuah pekerjaan, klaim biaya kegiatan, tuntutan untuk strategi rekrutmen pegawai, dan sebagainya yang datang bersamaan, harus mampu diselesaikan sekaligus dengan cepat dan baik.

8. Pengembangan Karyawan
HRD harus dapat mengembangkan kapasitas pegawai, sebagai aset penting perusahaan, untuk kebaikan perusahaan tersebut.