jumping businessman with business growing graph  cloud

Menetapkan tujuan merupakan salah satu latihan penting bagi para pelaku bisnis. Tanpa tujuan, anda tidak tahu kemana anda akan membawa bisnis anda.

Namun, menetapkan tujuan bisnis hanya langkah pertama untuk mencapai hasil yang anda inginkan. Bayangkan, jika anda sudah menetapkan target untuk menurunkan berat badan. Anda ingin berat badan anda turun sebanyak 15 kg dalam waktu empat bulan dari anda menetapkan tujuan ini.

Empat bulan berlalu, tapi tujuan yang anda tetapkan tadi belum bisa anda capai. Bagaimana anda menyikapi hasil ini; terkejut, kecewa, atau berhenti mencoba kembali?

Ternyata menetapkan tujuan saja, tidak lah cukup. Anda memerlukan langkah selanjutnya untuk mencapai tujuan-tujuan anda tadi. Dan berikut 3 langkah awal yang akan membantu anda mencapai tujuan:

1. Menyusun Strategi

Anda telah memulainya dengan benar, yaitu menetapkan tujuan dengan spesifik. Namun, setelah anda menetapkan tujuan tersebut, anda malah tidak melakukan tindakan apapun untuk mencapai hasil yang anda inginkan. Dalam hal ini, salah satu permasalahan nya ada pada strategi anda untuk mencapai target. Menyusun langkah demi langkah untuk mencapai target, akan memudahkan anda dalam mengambil tindakan yang jelas dan relevan dengan target anda. Dalam bisnis, anda tidak bisa membiarkan sesuatu terjadi dengan sendirinya, anda lah yang membuat sesuatu itu terjadi. Untuk itu, susunlah strategi yang akan mengarahkan anda mencapai target.

2. Realisasikan Strategi dengan Tindakan

Ketika anda telah menyusun strategi untuk mencapai target yang anda inginkan, maka ini saatnya anda realisasikan strategi anda melalui tindakan. Misalnya, anda telah menetapkan tujuan untuk meningkatkan penjualan. Meningkatkan penjualan ini masih pernyataan yang sangat umum, buat strategi anda lebih spesefik, seperti “target peningkatan penjualan 25 persen di bulan ini akan saya capai dengan menawarkan diskon 10 persen untuk semua item dan memasang iklan penawaran ini di media lokal”. Sehingga, dengan strategi yang sudah anda rancang ini, anda memiliki beberapa tindakan spesifik yang akan membantu anda mencapai target tersebut.

Baca juga  Agile: Metode Inovatif Agar Bisnis Responsif

3. Goals + Action = Sukses!

Ketika anda sudah menetapkan target untuk bisnis anda, dan menjalankan strategi dengan berbagai tindakan spesifik untuk mencapai hasilnya, maka anda telah melampaui tahapan dasar dari penetapan tujuan bisnis itu sendiri. Mengevaluasi hasil apakah anda sukses atau gagal mencapai target bukanlah menjadi tujuan akhir anda. Namun, saat anda sudah berusaha untuk mencapai target dengan tindakan dan langkah-langkah yang tepat, maka inilah kesuksesan anda dalam langkah awal mencapai tujuan.***