Excellent people, terdapat berbagai metode dan strategi yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan nilai efisiensi dan produktivitas di organisasi kita. Salah satunya yaitu dengan melakukan project improvement, nah dalam project improvement itu sendiri ada satu kemampuan yang harus dimiliki oleh para project leader dan juga tim. Yaitu cara menghitung dampak dan manfaat dari project improvement yang sudah diimplementasikan.

Mengapa penting menghitung manfaat atas suatu project improvement? Dalam artikel ini, kita bahas langsung.

  1. Untuk mengetahui dan mengevaluasi ROI.

Menghitung manfaat project improvement memungkinkan organisasi untuk mengetahui dan mengevaluasi Return on Investment (ROI) yang dihasilkan dari proyek tersebut. ROI merupakan ukuran yang penting dalam menentukan apakah suatu proyek bernilai atau tidak. Dengan menghitung manfaat tersebut, maka kita bisa mengetahui apakah kita telah benar dalam memilih project yang prioritas.

2. Mengidentifikasi Area dan Peluang Berikutnya

Penghitungan manfaat project improvement dapat membantu organisasi mengidentifikasi peningkatan efisiensi dan produktivitas. Perusahaan dapat melihat seberapa efektif proyek perbaikan dalam meningkatkan proses bisnis, mengurangi biaya produksi, meningkatkan kualitas produk atau layanan, atau meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal ini memungkinkan manajemen untuk lebih fokus pada aspek yang membutuhkan perhatian lebih dalam, yang lebih optimal, pada area yang memberikan dampak terbesar sehingga perbaikan kinerja secara keseluruhan terwujud.

3. Mengukur Keberhasilan Proyek

Menghitung manfaat project improvement juga penting untuk mengukur keberhasilan project. Penting untuk dapat menilai apakah suatu project telah berhasil mencapai tujuannya atau tidak. Dengan menghitung manfaat yang diharapkan dan membandingkannya dengan hasil yang sebenarnya, kita bisa menilai apakah proyek telah memberikan manfaat yang diharapkan atau ada perbaikan yang perlu dilakukan di masa depan. Mengukur keberhasilan proyek juga memberikan wawasan yang berharga untuk meningkatkan manajemen proyek di masa mendatang sehingga bisa lebih berhasil dalam eksekusi.

4. Mendorong Inovasi

Menghitung manfaat project improvement dapat mendorong inovasi dan perubahan di dalam organisasi. Dengan melihat manfaat yang dihasilkan dari perbaikan proyek, anggota tim dan pemangku kepentingan lainnya dapat melihat nilai dari perubahan tersebut. Hal ini dapat membangkitkan semangat untuk terus berinovasi dan mencari cara baru untuk meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan.

Baca juga  Ukur Kualitas Improvementmu di OPEXCON, Pendaftaran Sudah Dibuka!

Bisa kita simpulkan, menghitung manfaat project improvement adalah langkah penting dalam pengembangan project dan manajemen bisnis. Untuk itu, Anda harus memiliki keterampilan ini. Pelajari keterampilan penting ini hanya di OPEXCON Webinar Series: “Project Improvement Impact & Benefit Calculation”

Tanggal : 28 Juli 2023
Waktu : 09.00 – 11.00 WIB

Dalam webinar ini Senior Konsultan SSCX, Sigit Iman Santoso akan menjelaskan konsep perhitungan benefit project improvement secara lengkap beserta panduan praktis langkah demi langkahnya.

Ayo, jangan lewatkan kesempatan ini! Klik link di bawah ini untuk mendaftar:

https://bit.ly/OPEXCONSeries23-280723