JAKARTA – Konferensi Opexcon14 yang digelar di hotel Pullman Jakarta Central Park dimeriahkan oleh acara penganugerahan Opexcon Award 2014. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Opexcon Award ini merupakan apresiasi bagi perusahaan-perusahaan Indonesia, baik swasta maupun BUMN, yang telah melaksanakan inisiatif perbaikan proses bisnis dengan hasil yang paling maksimal dan berkelanjutan (continuous improvement).

Setelah melalui proses penjurian yang ketat, tersisa total sembilan perusahaan BUMN dan swasta yang telah menjalankan proyek dengan hasil terbaik. Perusahaan yang meraih penghargaan “Gold Achievement”, berurutan dari kategori Service, Mining & Energy serta Manufacturing diantaranya: PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. (BNI), PT. Bukit Makmur Mandiri Utama, dan PT. Selamat Sempurna, Tbk. Sedangkan peraih “Silver Achievement” diantaranya:PT. Bank Permata, Tbk.,  PT. Cipta Kridatama (Site MSJ- Kaltim), dan PT. Doulton. Peraih “Bronze Achievement” diantaranya” PT. Daya Anugrah Mandiri, PT. Pembangkitan Jawa Bali (Persero) – Unit Pembangkitan Muara Karang, dan PT. Chandra Asri Petrochemical, Tbk.

Direktur dan pemimpin proyek dari masing-masing perusahaan tersebut menerima penghargaan yang diserahkan oleh perwakilan dewan juri.

Adapun 14 perusahaan yang menyisihkan 134 peserta lainnya dan lolos ke babak final meraih penghargaan “Highly Commended Finalist”. Mereka adalah: PT. Bukit Muria Jaya, PT. Dankos Farma, Tbk., PT. Phapros, Tbk., PT. Abbott Indonesia, PT. Freeport Indonesia, PT. Kaltim Prima Coal, PT. Padangbara Sukses Makmur, PT. Petrosea, Tbk., PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk., PT. Tower Bersama, PT. Marga Mandala Sakti, dan PT. Daya Adicipta Mustika.

Continuous improvement sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja perusahaan. Hal ini sangat menggembirakan. Artinya, dengan adanya perbaikan proses bisnis, perusahaan akan meningkatkan daya saing dan menekan produksi biaya tinggi,” kata Riyantono, Direktur Opexcon di sela acara tersebut pada Senin, 22 September 2014 di Jakarta.

Kompetisi Opexcon Award 2014 digelar sebagai sarana untuk mengapresiasi perusahaan BUMN dan swasta yang berkomitmen kepada perbaikan proses bisnis yang berkelanjutan dan peningkatan mutu, baik pada proses ataupun produk dan jasanya. Kompetisi ini dibagi menjadi tiga kategori, yaitu Manufaktur, Jasa dan Pelayanan, serta Pertambangan dan Energi.

Baca juga  Industri Tekstil, Pakaian Jadi, dan Alas Kaki Semakin Ekspansif

Tujuan diselenggarakannya kompetisi ini antara lain untuk mengedukasi dan menekankan pentingnya perbaikan proses bisnis (business process improvement) untuk meningkatkan kualitas serta daya saing perusahaan-perusahaan indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan bisnis dan ekonomi, seperti AFTA dan MEA 2015.

“Business Process Improvement belum menjadi bidang yang mendapatkan cukup perhatian di kalangan industri dan bisnis di Indonesia, padahal bidang tersebut sangat penting untuk memastikan pertumbuhan bisnis. Dengan Opexcon ini kami harap masyarakat industri dan bisnis dapat terdorong untuk lebih mengenal sisi tersebut,” ungkap Suwandi, Direktur SSCX, di sela konferensi yang berlangsung di Pullman Jakarta Central Park tersebut.***RR/RW