SHIFT SSCX Pro.excellence vs oper.excellence

Kata excellence yang sama-sama ada pada kedua istilah ini terkadang membuat orang menjadi bingung. Ditambah, tidak banyak orang juga yang tahu dimana perbedaan antara kedua istilah tersebut.

Seperti dikutip dari businessexcellence.org, inilah perbedaan diantara kedua hal tersebut:

Process Excellence adalah tentang sebuah proses yang efektif dan efisien. Hal ini membutuhkan proses yang akan dirancang dan ditingkatkan untuk terus melakukan perbaikan (improvement) secara konsisten dan terus-menerus dengan variasi yang lebih kecil. Dan inilah yang menjadi dasar dari konsep Lean Six Sigma.

Sedangkan Operational Excellence,  untuk beberapa orang hal ini dianggap lebih luas daripada process excellence. Hal ini didasarkan pada proses end-to-end yang terus bergulir dalam organisasi, termasuk juga budaya perusahaan (yang menyangkut sumber daya manusia). Budaya perusahaan ini membutuhkan peran dari seluruh karyawan untuk memastikan dan memahami bagaimana organisasi tersebut bekerja sebagai sistem yang dapat menciptakan nilai-nilai yang tertanam kuat di rorganisasi dan menciptakan struktur dan peberdayaan yang memungkinkan orang untuk memperbaiki masalah.

Secara singkat:

Process Excellence – proses yang efektif dan efisien

Operational Excellence – process excellence ditambah pengembangan sumber daya, budaya dan cara berpikir.

Sumber: businessexcellence.org

Baca juga  6 Langkah Lakukan Improvement dengan Metode Lean