Banyak pengusaha bisnis yang mengalami masalah dan kebingungan mengapa produk yang mereka tawarkan tidak laku di pasaran. Apakah masalahnya terletak pada produknya? Bukan. Masalahnya adalah, pemilik bisnis tidak benar-benar memposisikan diri sebagai konsumen saat mereka menciptakan produk tersebut.

Berikut adalah cara menciptakan sebuah produk yang dapat menjual menurut Amanda Abella, penulis buku “Make Money Your Honey” yang berisi tentang panduan entrepreneur yang sempat diulas Forbes dan The Huffington Post.

Berikan apa yang mereka butuhkan
Untuk menciptakan sebuah produk atau layanan yang diminati pasar, tentu Anda harus memberikan apa yang mereka inginkan. Konsumen Anda harus merasakan seolah-oleh produk Anda diciptakan untuk mereka. Bagaimana caranya? Tanyalah pada mereka. Lakukan survey, interview ringan, dan sebagainya.

Abella mengaku, sebelum ia merilis bukunya, ia menelepon 100 orang target merketnya untuk mewawancara, meneliti, dan mengetahui apa yang ada di benak mereka. Konten yang keluar dari wawancara tersebut menjadi premis untuk buku yang ia jual. Dalam bukunya tersebut, ia memberikan jawaban atas pertanyaan dan kekhawatiran yang diekspresikan oleh target audience-nya dalam dalam percakapan telepon tersebut.

Uji ide Anda sebelum launching
Jangan pernah membuka usaha apapun sebelum Anda mengujinya dan mengubahnya beberapa kali untuk menjadi lebih baik lagi dan lagi berdasarkan feedback. Sebelum Abella menghubungi dan mewawancara 100 orang target marketnya, ia berencana untuk membuat program pelatihan kelompok. Lalu ia menguji idenya tersebut.

Namun ia menyadari, yang dibutuhkan target marketnya bukanlah sebuah pelatihan, tapi sebuah panduan yang mudah dibaca. Dari situlah Abella mengubah idenya menjadi merilis sebuah buku. Abella mencatat semua feedback yang diberikan oleh target marketnya dan menjadikannya informasi penting yang ia butuhkan dalam proses pembuatan bukunya, yang sukses laris di pasaran.

Baca juga  3 Jenis Nilai dalam Analisis Proses Bisnis

Jadikan konsumen potensial Anda sebagai bagian dari proses penciptaan
Jika Anda telah melakukan dua tips yang disebutkan di atas, makalakukan tips terakhir ini untuk memastikan bahwa Anda menciptakan sebuah produk atau layanan yang menjual. Untuk “melibatkan” konsumen potensial Anda dalam proses penciptaan produk yang hendak Anda jual, Anda bisa mem-posting proses pembuatan pada media sosial Anda, dari nol hingga selesai.

Dari konten dan foto yang Anda upload, calon konsumen Anda bisa menyaksikan prosesnya, memberi komentar dan feedback yang berharga, bahkan membantu Anda memasarkan produk Anda sebelum Anda merilisnya. Anda bisa mempersuasi mereka untuk share postingan tentang produk Anda sebanyak-banyaknya di media sosial dengan memberikan giveaway atau hadiah sample produk Anda. Dengan begini, brand awareness pun

Pada intinya, kunci dalam menciptakan sebuah produk atau layanan jasa yang menjual adalah menyesuaikan produk atau layanan Anda pada kebutuhan konsumen, bukan semata-mata karena teknik pemasaran saja.