Pada tahun 1972, Jim Cathcart adalah seorang pekerja di Little Rock, Arkansas Housing Authority, dengan penghasilan $525 per bulan, dia tidak memiliki gelar sarjana, tidak memiliki catatan prestasi, dan tidak punya banyak harapan di masa depan. 

Suatu pagi, dia duduk di kantornya sembari mendengarkan radio yang sedang menyiarkan “Our Changing World”, sebuah program yang dipandu Earl Nightingale, yang dikenal sebagai “Dekan Motivasi Pribadi.” Hari itu, seperti biasa Nightingale, dengan suaranya yang meledak-ledak mengatakan “Jika Anda menghabiskan satu jam ekstra dari waktu Anda setiap harinya untuk mempelajari bidang pilihan Anda, Anda akan menjadi ahli atau pakar nasional di bidang tersebut dalam lima tahun atau bahkan kurang.”

Perkataan itu membuat Jim tertegun, namun semakin dia memikirkannya, semakin masuk akal. Meskipun dia tidak pernah berpidato, dia selalu ingin membantu orang tumbuh melalui pengembangan pribadi dan motivasi. Dia memulai pencariannya untuk menguji teori Nightingale dengan membaca buku dan mendengarkan rekaman di setiap kesempatan yang ada. Dia juga mulai berolahraga, menjadi lebih terorganisir, serta bergabung dengan kelompok belajar perbaikan diri.  Dalam beberapa minggu dia bertahan mengalahkan godaan untuk berhenti dan menyerah, melakukan sedikit lebih ekstra setiap hari untuk mencapai tujuannya. 

Dalam waktu enam bulan, dia telah mempelajari banyak hal melebihi apa yang dia dapat selama beberapa tahun di masa sekolahnya, dan dia mulai percaya bahwa tujuannya menjadi motivator akan menjadi kenyataan. Semua kerja keras, disiplin, dan studi terbayar lunas. Jim sekarang telah memberikan lebih dari 2.500 pidato di seluruh dunia dan telah memenangkan setiap penghargaan utama di industri periklanan.

Excellent people, pada dasarnya perusahaan dan orang adalah sama, sama-sama memiliki nilai pasar. Dalam istilah sederhananya, nilai pasar Anda meningkat seiring meningkatnya kemampuan dan pengetahuan yang Anda miliki. Pengetahuan adalah kekuatan, tidak hanya untuk karir Anda, tapi juga untuk memperbaiki kehidupan keluarga dan spiritual Anda. Kutipan berikut akan lebih menjelaskan: “Pengetahuan seperti mendaki gunung; semakin tinggi jangkauan Anda, semakin banyak hal yang bisa Anda lihat dan hargai.” SHIFT Indonesia, salam improvement! 

Baca juga  Inilah 2 Ciri Proses yang Baik