Bagi pelaku inovasi dan improvement, mempelajari metode untuk menciptakan perubahan adalah wajib. Metode tersebut selain untuk menemukan ide-ide baru, juga secara sistematis mengubah ide menjadi proyek nyata yang berdampak bagi organisasi.

Di beberapa organisasi, mereka memilih menggunakan metodologi yang telah terbukti seperti Six Sigma, namun tidak sedikit yang menciptakan metode sendiri dengan teknik adopsi dan adaptasi. Berdasarkan best practice yang kami temui, berikut adalah empat metode inovasi yang paling banyak digunakan perusahaan di dunia.

Six Sigma

Six Sigma adalah metode yang digunakan untuk melakukan perbaikan proses, dengan target utama meningkatkan kualitas dan efisiensi bisnis. Caranya, yaitu menggunakan lima langkah DMAIC (Define, Measure, Analysis, Improve, Control) untuk lancarkan proses semaksimal mungkin. Pada akhirnya, pelanggan akan dapat menghemat waktu dan uang, atau dengan kata lain bisnis Anda menjadi jauh lebih kompetitif.

PDCA

Kelebihan dari metode ini adalah bisa digunakan di semua level organisasi. Ketika siklus Plan – Do – Check – Action dilakukan, perbaikan proses bisa terjadi bersamaan dengan terselesaikannya suatu masalah.

Dalam Lean Enterprise, kita tidak mengubah seluruh aspek organisasi dalam satu waktu bersamaan. PDCA dilakukan dengan mendemonstrasikan prakteknya sehingga terbentuk sebuah pola upaya perbaikan yang konstan di sepanjang proses yang berlangsung.  

Design Thinking

Hal terbaik dari design thinking adalah penerimaan publik yang luar biasa. Metode ini populer karena setiap orang bisa memahaminya dengan bahasa yang sama, tentang menempatkan pengguna (pelanggan) di pusat proses.

Proses ini diawali dengan empati terhadap pengguna. Setelahnya adalah mendefinisikan kebutuhan dan masalah mereka, setelah itu dicarilah solusi terbaik dan dibuat prototype awal kemudian akan diujicobakan langsung ke pengguna terbatas untuk mendapatkan umpan balik dan peluang perbaikan.

Baca juga  5 Pemborosan Waktu Yang Bikin Tak Produktif 

Agile

Filosofi Agile adalah mempercepat pekerjaan, mempermudah proses adaptasi terhadap perubahan, dan membuat proses pengembangan yang fleksibel. Adanya permintaan/ penambahan fitur suatu produk dapat diajukan sebagai ide, untuk diprioritaskan dan dievaluasi, serta ditingkatkan secara bersamaan.

Excellent people, itulah tadi empat metode inovasi yang tengah populer saat ini. Banyak organisasi menerapkan sesuai metode yang sudah ada atau mengembangkannya sendiri dengan memodifikasi salah satu diantara banyak metode. Kalau kamu, apa yang kamu gunakan untuk inovasi di perusahaan?