SHIFT Indonesia mengundang seluruh perusahaan di Indonesia baik itu perusahaan BUMN maupun swasta untuk mendaftarkan proyek perbaikan mereka ke laman opexcon.com. Pendaftaran ini akan resmi ditutup pada 30 Agustus mendatang. Tidak ada waktu lagi, daftarkan proyek Anda sekarang juga!

Sukses diselenggarakan selama 7 tahun berturut, OPEXCON Project Competition kembali hadir tahun ini. Berikut adalah sejumlah hal yang perlu Anda ketahui tentang OPEXCON Project Competition dan OPEXCON Award sebagai puncak acaranya.

Apa itu OPEXCON Project Competition

OPEXCON Project Competition merupakan kompetisi proyek perbaikan proses atau proyek improvement terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh SHIFT Indonesia. Para peserta yang mewakili perusahaan, berlomba menyajikan proyek-proyek perbaikan yang telah sukses dijalankan di perusahaan masing-masing tentunya dengan hasil terbaik. Pilihan metode yang dikompetisikan diantaranya yaitu:

  • Proyek dengan metodologi Six Sigma (telah menyelesaikan seluruh fase DMAIC)
  • Proyek dengan metodologi Lean / Value Steam Mapping (VSM) / Kaizen Event (yang telah selesai dan telah menghasilkan perbaikan)
  • Proyek dengan metodologi PDCA / QCC / A3 / One-Point Kaizen / atau metode continuous improvement lainnya.
  • Proyek dengan metodologi Agile/ Design Thinking/ metode  inovasi lainnya.

Tahun ini, penghargaan yang khusus diberikan kepada para tim proyek melalui upaya perbaikan dan peningkatan proses bisnis akan kembali diperebutkan.

Kapan Pendaftaran dimulai?

Pendaftaran telah dibuka mulai 1 April 2019 lalu dan akan ditutup pada 30 Agustus 2019 mendatang. Untuk persyaratan pendaftaran dan beberapa informasi penting terkait kompetisi ini bisa Anda dapatkan melalui website resmi opexcon di www.opexcon.com.

Apa Manfaat Mengikuti Kompetisi Ini?

OPEXCON Project Competition sangat penting diikuti oleh perusahaan yang ingin memajukan bisnisnya. Kenapa penting? Jawabannya hanya disinilah proyek perbaikan Anda bisa dinilai, apakah benar berkualitas dan cukup terjaga budaya continuous improvement nya. Seluruh serangkaian proses penjurian dipastikan bermutu tinggi. Penilaiannya pun tidak sembarangan karena melibatkan dewan juri profesional, baik dari kalangan akademisi ataupun praktisi, tentunya yang memahami metode dan juga telah berpengalaman dalam menjalankan continuous improvement.

Apa Istimewanya?

Baca juga  Jadikan Inovasi sebagai Budaya! Temukan Caranya di Webinar Ini

Tahun 2017 lalu para pemenang OPEXCON Project Competition yang terpilih berkesempatan menghadiri Hannover Messe secara langsung ke German. Tahun 2018 lalu juga tidak kalah seru, karena para pemenang OPEXCON Project Competition yang terpilih berkesempatan menikmati musim semi di Korea plus uang saku Rp 10.000.000 untuk masing-masing pemenang. Penasaran dengan kejutan OPEXCON tahun ini? Kita tunggu saja, ya!

Terbuka untuk Semua Perusahaan

SHIFT Indonesia mengundang seluruh perusahaan di Indonesia baik itu perusahaan BUMN maupun swasta untuk mendaftarkan proyek perbaikan mereka ke laman opexcon.com. Nantinya proyek-proyek yang telah dikirimkan akan diseleksi oleh dewan juri untuk kemudian lolos ke babak selanjutnya. Khusus tahun ini, dewan juri akan memilih 150 proyek terbaik dari tiga sektor industri meliputi industri manufaktur, jasa, tambang dan energi untuk dihadirkan dalam sesi penjurian akhir. Penjurian ini dilakukan secara tertutup di depan dewan juri, setiap tim berhak mengirim satu leader proyek untuk melakukan presentasi dengan didampingi maksimal 2 tim member.

OPEXCON Project Competition sendiri merupakan salah satu rangkaian acara Indonesia Operational Excellence Conference and Award yang diselenggarakan oleh SHIFT Indonesia, satu-satunya media yang secara khusus menyediakan referensi di bidang operational excellence. Acara ini merupakan tempat dimana para pemimpin bisnis dan pegiat improvement berkumpul di Jakarta. Mereka adalah orang-orang yang sukses memimpin, menyusun strategi, dan menciptakan keunggulan operasi di seluruh lini bisnis.

OPEXCON tahun ini juga akan menghadirkan para pemimpin transformasi paling inspiratif untuk naik ke atas panggung membagikan pengetahuan dan pengalamannya, bagaimana mereka berhasil melakukan perubahan dan menciptakan keunggulan proses bukan hanya di fungsinya tetapi juga di perusahaan secara menyeluruh bahkan turut mempengaruhi tren di industrinya. Melalui acara ini, Anda juga bisa memperkuat jaringan bisnis, karena di event inilah Anda bisa bertemu langsung dengan para pemimpin bisnis seperti Anda.

Baca juga  OPEXCON Award 2023: Penghargaan Bagi Perusahaan Yang Sukses Melakukan Inovasi

Menarik, bukan? Jika Anda tertarik untuk menghadiri event bergengsi ini, Anda bisa mendapatkan informasi pendaftaran di laman opexcon.com. Khusus Anda, para team leader, dengan mendaftar kompetisi OPEXCON Project Competition 2019, Anda sudah berkesempatan untuk hadir di gelaran Indonesia Operational Excellence Conference and Award (OPEXCON) tahun ini secara gratis. Anda juga bisa mengajak perwakilan manajemen Anda naik ke atas panggung untuk menerima penghargaan tertinggi di bidang improvement ini. Jadi, tunggu apalagi. Segera daftarkan proyek Anda, jangan sampai terlewat ya!