Setelah perusahaan Anda memiliki produk jadi yang siap dipasarkan, sebuah tugas berat yang ditakuti masih ada: launching produk! Bagi perusahaan besar, ini merupakan hal biasa yang mudah dilakukan, tetapi tidak bagi perusahaan lain yang mengalami hambatan tertentu seperti mundurnya waktu pelaksanaan atau terbatasnya anggaran.

Lalu bagaimana Anda bisa memastikan produk Anda sudah siap launching dan menangkap target audience yang dituju? Cermati sebelum melangkah. Berikut adalah beberapa masalah utama yang perlu dipertimbangkan sebelum meluncurkan produk yang baru Anda selesai:

  1. Apakah permintaan pasar berubah sejak awal pengembangan produk anda? Riset pasar mutlak diperlukan pada tahap ini.
  2. Apakah produk Anda sudah siap dan diuji secara menyeluruh? Sering kali produk bisa dijual pada awalnya tapi tidak di kemudian hari karena ulasan buruk di web dan media cetak. Dalam hal ini, internet bisa menjadi teman terbaik Anda atau musuh terburuk Anda.
  3. Akankah produk baru Anda malah menggeser produk Anda sebelumnya yang stabil dan menguntungkan? Kanibalisasi juga dapat terjadi ketika sebuah perusahaan meluncurkan produk yang secara langsung bersaing dengan produk bermereknya sendiri, seperti yang dilakukan Google di masa lalu dengan ponsel Nexus One-nya, yang diposisikan secara langsung, dengan cara mengalahkan produk sendiri saat melawan ponsel Android lainnya.
  4. Apakah perusahaan Anda memetakan peta jalan PR dan periklanan yang tepat untuk produk baru Anda? Sudahkah Anda meneliti produk pesaing Anda yang serupa dan jadwal rilis mereka? Waktu peluncuran produk sangat penting untuk kesuksesan. Ini sangat terlihat dalam siklus peluncuran konsol video game, di mana pemain utama seperti Sony dan Nintendo terus berupaya melampaui rekan mereka dengan memprediksi akhir dari siklus generasi.
  5. Apakah perusahaan Anda memiliki strategi stop loss dan exit jika peluncuran produk gagal?
Baca juga  Self Reminder Ini Cocok Dibaca Sebelum Mulai Project Baru

Nah selain lima pertanyaan di atas, jangan lupa pertimbangkan juga pertanyaan-pertanyaan lain seperti: Apakah margin Anda dari kisaran harga yang ditetapkan cukup tinggi untuk menguntungkan?Apakah produk Anda memiliki produk dengan volume tinggi atau rendah?Apakah biaya komponen produk berubah sejak tahap perencanaan awal Anda?Akankah ada masalah pengadaan jumlah komponen yang diperlukan?Bagaimana dampak produk baru pada lini produk Anda saat ini? Silahkan dijawab dan evaluasi ya excellent people. 

Memang banyak hal yang perlu dicermati sebelum pada akhirnya kita siap meluncurkan sebuah produk baru. Karena bagaimanapun, bagi perusahaan kecil, menempatkan semua telurnya dalam satu keranjang bisa berakibat fatal, bukan?