Total Productive Maintenance training 12-13 April 2012. Foto: doc. SSCX.


Perusahaan Konsultan dan Fasilitator Operational Excellence, SSCX International, menggelar pelatihan dua hari mengenai Total Productive Maintenance (TPM) di Harris Hotel Jakarta, tangal 12 dan 13 April lalu. Pelatihan difasilitasi oleh konsultan senior SSCX, Riyantono.

TPM merupakan sebuah metode perbaikan yang melibatkan seluruh karyawan untuk meningkatkan kemampuan perawatan mesin, peralatan serta meningkatkan produktifitas. Tujuannya adalah mengurangi ketidak-efisienan mesin dan kerugian yang diakibatkannya, seperti downtime, change-over, idle, defect dan rework. Peserta diharapkan akan memahami filosofi, strategi dan tools dari TPM dan menguasai pendekatan yang dilakukan untuk memperbaiki efektifitas mesin dan peralatan secara keseluruhan, dalam usaha pencapaian operational excellence di perusahaan.

Pelatihan ini diikuti oleh para plant manager dan staf produksi dari berbagai perusahaan dengan latar belakang industri berbeda, terutama dari perusahaan manufaktur alat berat, bahan konstruksi dan farmasi.

TPM merupakan bagian dari program Lean Manufacturing, metode improvement yang bertujuan untuk mengurangi pemborosan proses. Informasi mengenai metode ini bisa didapat dengan mengakses website www.sscxinternational.com atau mengirim email ke training@sscxinternational.com

Baca juga  Industri Manufaktur Ditargetkan Tumbuh 5,80 Persen di Tahun 2024