Tahun lalu, Towers Watson perusahaan dibidang risk dan financial management mengadakan survey yang melibatkan 276 perusahaan besar dan menengah di Amerika Utara, Eropa dan Asia. Hasilnya:

  1. Pengusaha merasa 55% dari inisiatif manajemen perubahan memenuhi tujuan awal, tetapi hanya 25% merasa manfaat yang berkelanjutan (sustainable) dari waktu ke waktu.
  2. 87% responden dilatih oleh atasan mereka untuk “mengelola perubahan,” tapi hanya 22% merasa pelatihan ini benar-benar efektif.
  3. 68% dari manajer senior mengatakan mereka “mendapatkan pesan” tentang alasan untuk perubahan organisasi, tapi angka itu turun menjadi 53% untuk manajer menengah dan 40% untuk mereka yang berada di lapangan.

Manajemen perubahan atau Change Management memang topik yang sangat menarik. Tidak sedikit program yang baik gagal dijalankan karena berantakannya manajemen perubahan. Change Management terdengar klise dan abstrak, tetapi sebenarnya, banyak sekali langkah-langkah yang dapat dijalankan untuk memastikan perubahan atau transformasi dapat berlangsung. Bagaimana dengan Anda?

Change Management

Baca juga  Pengaturan Komprehensif Pemanfaatan AI Diperlukan untuk Lindungi Hak Cipta Karya Media