Masa depan keunggulan operasional bukan lagi sekadar kata-kata seperti produktivitas, efisiensi, dan standarisasi semata. Tetapi lebih akan menjadi konsep seperti pertumbuhan, kelincahan, dan peningkatan skalabilitas.

Mengapa Harus OPEX?

Setiap bisnis harus menghadapi banyak tantangan yang terus bergejolak, baik itu dari internal ataupun eksternal. Untuk itu, perusahaan perlu memahami pentingnya keunggulan operasi atau operational excellence (opex) bagi bisnis. 

Perubahan kecil hingga dramatis yang berlangsung di pasar menjadi salah satu kekuatan pendorong perusahaan untuk segera melakukan transformasi bisnis secara end to end. Dengan kata lain, perusahaan harus memiliki solusi yang bisa cepat dieksekusi dan fleksibel untuk beradaptasi dengan kondisi pasar. Dengan memposisikan perubahan sebagai keniscayaan, pelaku bisnis harus mampu berpikiran terbuka, menggerakkan bisnis ke posisi yang menguntungkan, melakukan efisiensi dan efektivitas untuk memenangkan persaingan.

Kita semua tentu sepakat bahwa perubahan harus dilakukan. Tetapi, bagaimana agar perubahan ini berhasil mendorong keunggulan di semua lini proses? 

Seperti kita ketahui bersama, harapan pelanggan terus meningkat seiring dengan semakin canggihnya teknologi dan masifnya digitalisasi. Teknologi baru dan inovasi yang terakselerasi inilah yang kemudian mengganggu semua industri, memunculkan ancaman persaingan baru. 

Ketika persaingan baru ini memanas, yang menjadi pemenangnya adalah perusahaan yang memiliki kesadaraan mengenai keunggulan operasional (operational excellence). Mengapa? Karena perusahaan yang memiliki keunggulan operasi memiliki strategi bisnis yang lebih konsisten dan unggul dibanding pesaingnya. Mereka mampu menjalankan bisnis dengan risiko operasional yang lebih rendah, biaya operasional yang lebih murah, dan pendapatan yang relatif lebih tinggi. 

Tidak sedikit yang mengafiliasi keunggulan operasional dengan perbaikan proses secara berkelanjutan. Namun, sebenarnya lebih dari itu. Melalui perbaikan proses berkelanjutan, kita bisa membuat bisnis beroperasi dengan cara yang lebih efisien, dengan kata lain perusahaan bisa mengurangi biaya operasi secara bertahap, tetapi tidak ada garansi yang menjamin bisnis akan ikut tumbuh.

Baca juga  Hari Ini Indonesia Kedatangan 10 Juta Vaksin Sinovac

Sementara perusahaan yang mengejar keunggulan operasi akan mengelola bisnis dan proses operasional secara sistematis dan juga melakukan pengembangan budaya yang tepat sebagai investasi. Tujuannya adalah untuk mengembangkan satu sistem manajemen yang terintegrasi dengan cara yang benar, karena setiap budaya selalu dibangun di atas integritas yang tinggi, menggunakan mindset problem solving, kerja tim, dan mendapat dukungan manajemen. 

Mencapai Operational Excellence 

Melalui keunggulan operasional, perusahaan dapat meningkatkan kinerja bisnis dan budaya perusahaan untuk tumbuh secara berkelanjutan dalam jangka panjang. Untuk itu penting bagi perusahaan untuk mengetahui bagaimana cara untuk mencapai keunggulan operasional tersebut. Berdasarkan informasi yang berhasil kami kumpulkan dari berbagai sumber, setidaknya ada tiga metode yang paling populer digunakan, yaitu Lean Manufacturing, Six Sigma, dan Kaizen

Namun, keunggulan operasional bukanlah metodologi semata, artinya perusahaan juga harus menerapkan sejumlah prinsip yang berorientasi pada perubahaan pola pikir. Ini merupakan pencarian tanpa henti untuk menemukan cara meningkatkan kinerja dan profitabilitas. Menemukan uang dan meningkatkan kinerja di area yang biasanya tidak terlihat oleh perusahaan.

Masa depan keunggulan operasional bukan lagi sekadar kata-kata seperti produktivitas, efisiensi, dan standarisasi semata. Tetapi lebih akan menjadi konsep seperti pertumbuhan, inovasi, dan penyesuaian. Karena seperti yang kita bisa lihat saat ini, dunia berubah dengan cepat daripada sebelumnya, dan bisnis Anda perlu mengimbanginya.

Menemukan Partner Terbaik

Jika Anda dan organisasi ingin program operational excellence berjalan sukses dan berdampak signifikan bagi bisnis, maka SSCX adalah pilihan terbaik untuk Anda. SSCX International adalah perusahaan konsultan dan jasa pelatihan Lean Six Sigma terbaik di Indonesia yang telah membantu kemajuan ratusan organisasi di berbagai sektor industri.

Baca juga  Ekspor Sektor Industri Terus Meningkat di Semester I 2021

Selama ini SSCX International dikenal oleh klien dan komunitas operational excellence sebagai perusahaan konsultan implementasi dan jasa pelatihan yang tak hanya memberikan layanan tapi juga menggaransi hasil. Bagi Anda yang memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait program dan metode operational excellence di SSCX atau ingin tahu bagaimana SSCX bisa meningkatkan produktivitas, efisiensi dan digitalisasi di banyak perusahaan langsung saja hubungi tim SSCX di  08175763021  atau info@sscx.asia.