Dear Excellent People,

Inovasi atau perubahan baru menjadi topik hangat dari waktu ke waktu dan semakin mendapat perhatian banyak organisasi di masa pandemi ini. Banyak organisasi yang sukses melangsungkan transformasi besar namun tidak sedikit juga yang berjalan stagnan bahkan gagal.  Sebuah studi Katzenbach Center menemukan bahwa budaya organisasi sangat penting bagi keberhasilan manajemen perubahan. Inisiatif yang tidak berhasil cenderung tidak mempertimbangkan peran budaya sementara mereka yang sukses mengelola budaya untuk mendukung perubahan.

Menurut kami, ini sangat masuk akal sebab ketika budaya organisasi tidak selaras dengan tujuan strategis perusahaan maka program perubahan akan sulit dilakukan. Kembali ke masa awal pandemi, menggunakan masker dan selalu menjaga jarak setiap saat tentu menjadi kebiasaan baru untuk kita semua. Meskipun tidak biasa, kita semua bersukarela melakukannya. Kenapa? Karena kita tahu tindakan ini adalah sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus covid-19 dan menjadi upaya saling melindungi satu sama lain. Dengan kata lain, kita bersedia melakukannya karena kita tahu tujuannya. Cukup jelas, bukan?

Namun membangun keselarasan tidak cukup hanya dengan melakukan integrasi dari atas ke bawah. Menurut Rhenald Kasali, seluruh proses bisnis perlu dibongkar dan ditata ulang untuk membangun keselarasan. Jangan biarkan proses bisnis yang usang terus dipakai. Seperti apa budaya organisasi Anda saat ini? Apakah budaya tersebut dapat mendukung proses perubahan yang Anda dan organisasi rencanakan? Apakah para pemimpin dan semua karyawan di organisasi Anda bersedia terlibat dalam proses perubahan tersebut? Pertanyaan-pertanyaan inilah yang harus Anda jawab sebelum Anda memulai proyek perubahan apapun.

Embracing the New Culture menjadi judul yang kami pilih di edisi kali ini. Kami secara khusus membahas pentingnya program perubahan bagi organisasi dan peran budaya (dan pemimpin) organisasi dalam menentukan hasil akhir suatu program perubahan. Selain itu kami juga menampilkan wawasan-wawasan menarik lainnya mulai dari Perjalanan 10 tahun OPEXCON mendukung industri Indonesia hingga target Indonesia menjadi penentu harga sawit di tahun 2045.

Selamat membaca disini:

Baca juga  Menimbang Peluang dan Tantangan Pasar Keuangan Syariah

https://bit.ly/SHIFTISSUE03-2021