dicari tenaga ahli lean six sigma

Baru-baru ini, perusahaan asuransi Sun Life Financial berniat untuk mengimprovisasi proses bisnisnya dengan menambah tenaga ahli Lean dalam tim kerja mereka. Perusahaan asuransi tersebut segera memasuki bursa tenaga kerja, dan dikejutkan dengan persaingan ketat yang menanti: Telus, Bombardier, Toronto’s Hospital, Kraft Foods, Shoppers Drug Mart, dan banyak perusahaan lain juga tengah mencari apa yang dicari oleh Sunlife!

Seperti dilansir dari harian asal Kanada, The Globe and Mail, terdapat ratusan posting online di situs-situs penyedia informasi lowongan kerja di Kanada, yang menampilkan lowongan bagi calon karyawan yang memiliki sertifikasi formal untuk berbagai teknik Continuous Improvement, seperti Lean dan Six Sigma. Selain sertifikat, calon karyawan juga diharapkan untuk memiliki kemampuan manajerial yang baik yang dibutuhkan untuk memimpin perubahan dalam organisasi.

Lean dan Six Sigma merupakan metodologi dan pendekatan khusus dalam melakukan analisa proses atau mengatasi masalah dalam usaha meningkatkan efisiensi dan kualitas. Keduanya berasal dari industri manufaktur, dan kini telah diimplementasikan di luar sektor manufaktur. Kini Lean dan Six Sigma juga populer di industri jasa, perbankan, finansial, ritel bahkan rumah sakit.

Kini sangat banyak organisasi yang menginginkan ahli di bidang Lean dan Six Sigma, yang memiliki kemampuan dalam melakukan analisa operasional di organisasi, mengidentifikasi waste, dan meneraplkan metode yang lebih efisien serta cost-effective untuk menyediakan barang dan jasa yang berkualitas.

“Kami melihat kompetisi yang cukup ramai di luar sana (untuk memperebutkan staf ahli di bidang Continuous Improvement),” kata Andre Gonthier, senior recruiting consultant di Sun Life. “Setiap perusahaan ingin melakukan perbaikan, dan, jujur saja, kami juga berniat untuk melakukannya.”

Sun Life telah menjalankan sistem manajemen berbasis Lean, dan telah merekrut beberapa orang untuk posisi strategis seperti Process Director, yang bertanggungjawab untuk mengatur portfolio transformasi dan usaha-usaha perbaikan. Selain itu, mereka juga memiliki Senior Business Process Consultant untuk menilai performa dan kapasitas proses dan operasional di organisasi. Mereka inilah yang harus mengidentifikasi kesempatan perbaikan dan membuat proposal improvement kepada Champion.

Baca juga  SHIFT Indonesia, Your Operational Excellence Guide

“Posisi-posisi tersebut sangat penting di perusahaan kami,” kata Gonthier. “Kedengaran klise, tapi mereka membawa perusahaan kepada level yang lebih tinggi. Kami percaya, metode yang kami gunakan akan memberikan value yang besar kepada cara kami menjalani bisnis.”

Di Kanada, gaji bulanan seorang staf ahli Lean dan Six Sigma berkaitan erat dengan pengalaman. Di beberapa iklan yang ditampilkan, penawaran yang dicantumkan mulai dari 75.000 dolar Kanada hingga 97.000. Bahkan dengan pengalaman yang lebih panjang, seorang staf ahli bisa mendapatkan lebih besar lagi.***

 

Sumber: theglobeandmail.com