Oleh: Suwandi

Cerita ini populer di kalangan praktisi human resources, atau singkatnya HR. Suatu hari, di sebuah pabrik makanan olahan, seorang HR Manager sedang mewawancarai seorang operator wanita yang bekerja di lini produksi biskuit di pabrik tersebut. Berikut cuplikan wawancaranya:

HR Manager: Sudah berapa lama Ibu bekerja disini?

Operator Produksi: Sejak saya meninggalkan sekolah, sekitar 15 tahun lalu Pak!

HR Manager: Pekerjaan seperti apa yang biasanya Ibu lakukan di pabrik?

Operator Produksi: Saya mengambil paket biskuit dari conveyor ini dan menempatkan mereka dalam kardus.

HR Manager: Apakah pekerjaan Ibu selalu sama?

Operatior Produksi: Ya.

HR Manager: Apa Ibu menikmati pekerjaan tersebut?

Operator Produksi: Oooh iya Pak, sangat menikmati. Semua orang disini sangat baik dan ramah. Kami sering mengobrol dan tertawa bersama.

HR Manager (dengan sedikit heran): Benarkah? Ibu tidak merasa pekerjaan Ibu menjemukan? Apa Ibu tidak bosan melakukan pekerjaan yang itu-itu saja setiap harinya?

Operator Produksi: Tidak juga Pak. Biskuitnya tidak selalu sama setiap hari.

Moral dari cerita ini adalah bahwa apa yang memotivasi dan membahagiakan kita tidaklah sama dengan orang lain. Kita tidak bisa berasumsi bahwa ambisi kita akan pula sama dengan yang lain. Sering pada saat melakukan asesmen di klien, kami menemukan bahwa top management merasa bahwa middle management termotivasi hal yang sama dengan mereka, dan selanjutnya middle management juga merasa bahwa staf dibawahnya termotivasi pula oleh hal yang sama dengan mereka.

Cobalah evaluasi kembali program Anda yang gagal walaupun Anda menjanjikan reward jika berhasil. Apakah Anda atau bawahan telah menyamakan sumber motivasi dan ambisi? Program seperti lean service, lean manufacturing, TPM, dan six sigma juga demikian. Ambisi dan motivasi dari tiap level dan tiap orang berbeda. Bagaimana organisasi melakukan sinergi pada ambisi dan motivasi yang berbeda-beda sangatlah esensial pada kesuksesan program.

Baca juga  Inspirasi dari Lapangan: Pelajaran Operational Excellence dari Permainan Basket

Suwandi adalah Direktur PT SSCX International dan Chief Executive Majalah Shift Indonesia. Email: suwandi@sscx.asia