Bank berkinerja tinggi tak pernah berhenti meningkatkan kinerja organisasinya melalui perbaikan proses. Mereka memegang prinsip perbaikan proses akan memberikan hasil, sementara perbaikan proses yang dilakukan secara kontinu akan memberikan hasil yang berkelanjutan.

Nah, tiga metode berikut inilah yang paling banyak diikuti bank besar untuk meningkatkan layanan dan kinerja operasional, juga menyelesaikan semua keluhan baik dari pelanggan, mitra, hingga karyawan internal.

Lean Six Sigma

Bank yang tidak melakukan efisiensi akan tertinggal. Oleh karena itu, bank perlu menjaga agar biaya operasional tetap minim sehingga efisiensi maksimal. Dan, disinilah Lean Six Sigma dapat membantu.

Benar, Anda dapat menggunakan Lean Six Sigma di industri Perbankan untuk menyederhanakan proses, menghilangkan aktivitas non value added, sehingga Anda dapat menciptakan nilai lebih untuk pelanggan. Lean Six Sigma saat ini diakui sebagai metode yang sangat efektif di sektor jasa. Prinsip-prinsipnya dapat membantu perbankan meningkatkan kualitas layanan yang mereka tawarkan. Adapun metodologi yang digunakan adalah DMAIC

Design Thinking

Design thinking adalah metode inovasi yang berpusat pada manusia. Cara untuk menemukan solusi terbaik bagi masalah pelanggan. Langkah pertamanya yaitu berempati dengan pelanggan, yaitu dengan melakukan pengumpulan data tentang kebutuhan dan harapan mereka sehingga kita bisa berpikiran terbuka dan melihat kebutuhan klien dengan sudut pandang baru.

Metodologi ini juga efektif digunakan untuk menciptakan produk baru dan menemukan solusi inovatif untuk meningkatkan daya saing dan kemampuan perusahaan perbankan untuk beradaptasi dengan lingkungan digital.

Kaizen PDCA

Kaizen atau perbaikan berkelanjutan menggunakan PDCA dapat membantu industri perbankan meningkatkan daya saingnya. Melalui Kaizen PDCA, bank dapat bertahan menghadapi para pesaing

Mengutip Kaizen Institute, Sensei Masaaki Imai penulis buku klasik Kaizen: The Key To Japan’s Competitive Success mengatakan bahwa arti sebenarnya dari kaizen adalah melibatkan semua orang dimanapun dalam melakukan perbaikan setiap hari. Oleh karena itu berikan dukungan kepada semua karyawan melalui pelatihan dan buat mereka paham akan prinsip dan tool dalam Kaizen PDCA. .

Sudah banyak perusahaan yang sukses berkat metode ini. Jangan mau ketinggalan, yuk cari tahu kebutuhan metode improvement-mu dengan ahlinya, SSCX International. Beberapa klien SSCX di industri perbankan diantaranya adalah BCA, Bank CIMB, Bank BTPN, Bank Mandiri, Bank Permata, Bank DKI, dll. Infomasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi SSCX melalui laman resmi perusahaan di www.sscxinternational.com

Baca juga  Ikuti Tips Ini Agar Karier Meroket di Usia Muda