Raksasa oto-manufaktur asal Jepang, Toyota, kembali memberikan “gebrakan” bagi dunia otomotif. Toyota memang dikenal sebagai pionir diantara perusahaan teknologi di dunia. Perusahaan tersebut tengah mempersiapkan varian kendaraan dengan bahan bakar hidrogen atau yang lebih dikenal dengan Fuel Cell Vehicle (FVC) sebagai salah satu cara untuk mengurangi emisi gas rumah kaca yang berbahaya.

Kehadiran Toyota di salah satu pameran otomotif terbesar, Tokyo Motor Show tahun lalu sekaligus menjadi momen bagi Toyota untuk mengumumkan bahwa mereka telah memproduksi mobil yang ‘ramah’ lingkungan dengan penggunaan bahan bakar hidrogen.

Menurut laporan dari Jepang, seperti dikutip onlinewsj.com, Toyota akan meluncurkan mobil berbahan bakar hidrogen itu secara komersial di Jepang pada Maret 2015. Sementara Eropa dan Amerika Serikat bisa menaruh harap untuk melihat mobil hidrogen sedan tersebut pada musim panas 2015.

Menurut Toyota, mobil jenis sedan yang belum disebutkan namanya itu memiliki daya jelajah sekitar 700 km (435 mil) dan memerlukan waktu sekitar 3 menit untuk mengisi bahan bakarnya. Toyotajuga mengatakan, mobil ciptaannya tersebut hanya akan memancarkan uap air yang dihasilkan oleh reaksi antara hidrogen dan oksigen ketika dikendarai.

Menurut Japan Times, harga dari mobil hidrogen tersebut diperkirakan mencapai 8 juta yen atau sekitar $78,000. Namun, harga di luar Jepang belum secara resmi diumumkan.

Selain Toyota, ada juga Honda Motor Co. yang berencana untuk mulai menjual mobil fuel cell vehicle nya di tahun depan. Sedangkan produsen otomotif asal Korea, Hyundai Motor Co sudah memulai penjualan terbatas mobil hidrogennya di bulanini.***RR/RW

Baca juga  Strategi Pertamina Jaga Ketahanan Energi dan Kelestarian Lingkungan