SHIFT SSCX Visual OEE

“Bagaimana cara mengumpulkan dan menampilkan data OEE yang berguna tanpa ber-rim-rim kertas dan sepasukan insinyur industri?”

Jawabannya adalah Visual OEE™.

Pernahkah anda mengendarai mobil dengan speedometer yang rusak? Bayangkan perasaan anda ketika menyetir tanpa mengetahui seberapa cepat atau lambat laju anda. Pabrik tanpa tampilan matriks produksi ibaratnya mobil tanpa speedometer! Anda mungkin tahu kemana anda menuju, tapi tidak tahu kapan akan sampai di tujuan.

Tampilan matriks produksi secara real-time memungkinkan para operator dan staf maintenance merespon isu-isu yang bisa menghambat dan mengurangi produktivitas dengan cepat. Matriks-matriks visual berperan sebagai alat ukur yang mendukung program perbaikan di perusahaan, yang perlahan akan membawa anda mendekati target. Di sisi lain, matriks visual akan memberikan motivasi yang real-time dan instan kepada semua orang di lantai produksi.

Informasi OEE yang baru diberikan pada laporan esok hari tidak akan banyak berguna; tidak seperti matriks OEE yang didapat secara real-time dan dipergunakan saat itu juga. Bayangkan jika anda bisa mendapat gambaran mengenai peningkatan produktivitas dari data real-time yang dihasilkan secara instan langsung dari mesin atau sel manufaktur.

Visual OEE™ memberikan gambaran yang sederhana dan efektif untuk:

  • Memberi kemampuan kepada operator dan staf maintenance untuk memahami dan merespon masalah di lini produksi (dalam Six Big Losses) dengan cepat.
  • Memonitor aktivitas di lantai produksi secara real-time.
  • Mengotomasi proses pengumpulan informasi – anda akan punya waktu lebih banyak untuk melakukan analisa dan perbaikan, dan operator anda memiliki lebih banyak waktu untuk mengoperasikan mesin dengan lebih efektif.
  • Mewujudkan perbaikan langsung untuk meningkatkan produktivitas.

Bagaimana Memulainya?

Sangat mudah untuk memulai program Visual OEE™. Yang pertama harus dilakukan adalah memasang dua sensor, satu switch dan jadwal break anda. Tentukan Ideal Cycle Time, Takt Time (opsional), dan Goal Count (opsional). Hasilnya, Visual OEE™ akan memberi 100 cara berbeda untuk melihat kinerja produksi anda secara real-time, dimanapun di pabrik. Sangat sederhana bukan?

Baca juga  Industri Manufaktur Ditargetkan Tumbuh 5,80 Persen di Tahun 2024

Memerangi Six Big Losses

Landasan yang menopang program Visual OEE™ adalah rangkaian tool yang anda berikan kepada karyawan untuk memerangi Six Big Losses secara agresif. Jika anda bisa memperlihatkan data secara real-time, artinya anda telah memberikan kemampuan kepada operator dan staf maintenance untuk memahami bagaimana meningkatkan nilai OEE, dan yang paling penting, produktivitas di pabrik.

Di lingkungan manufaktur yang serba-cepat, para operator seharusnya menghabiskan waktu mereka untuk mengoperasikan mesin secara efektif; bukannya mengumpulkan data secara manual. Tabel di bawah ini menunjukkan Six Big Losses, faktor-faktor OEE yang terkait dengannya dan bagaimana Visual OEE™ memberikan matriks real-time dan seperangkat tool analisis untuk membantu tim anda melihat seberapa efisien, efektif dan konsisten lini produksi anda beroperasi.

Setiap pabrik memang memiliki standar nilai yang berbeda. Contohnya, jika pabrik anda memiliki program Six Sigma yang aktif, anda mungkin tidak akan puas dengan rata-rata first-run quality yang hanya sebesar 99,9%. Studi yang dilakukan di berbagai belahan dunia mengindikasikan rata-rata nilai OEE di pabrik adalah 60%. Seperti yang anda lihat pada tabel diatas, OEE yang bertaraf World Class seharusnya memiliki nilai 85% keatas. Dari sini, sangat jelas terlihat bahwa masih ada banyak ruang untuk perbaikan di pabrik-pabrik di seluruh dunia! Bagaimana dengan pabrik anda?***