Ketika berbicara mengenai program-program lean, sering kali pertanyaan ini muncul : “Dari mana kita memulainya ?” Meskipun terdengar sepele, namun sebenarnya banyak hal yang harus benar-benar di pikirkan. Untuk memberikan jawaban, Anda harus mengetahui tujuan Anda sebelum memulai perjalanan. Seperti salah satu kebiasaan yang dijelaskan Stephen R. Covey dalam The 7 Habits of Highly Effective People, mulailah dari yang paling akhir atau “start with the end of mind”.

Pikirkan mengenai GPS yang membantu Anda menemukan jalan. GPS terkoneksi dengan satelit yang terletak ribuan mil di atmosfer Bumi. Meski demikian, GPS bisa memberikan informasi mengenai posisi Anda saat ini, membantu Anda menemukan arah dan jalan dengan akurat, bahkan memberitahu seberapa cepat mobil Anda melaju saat ini. Namun, jika Anda tidak tahu kemana harus pergi, GPS yang canggih itu menjadi tidak berguna.

Sama juga halnya dengan Lean, Six Sigma atau apapun yang Anda sebut sebagai usaha perbaikan yang berkelanjutan. Jika Anda belum tahu tujuan Anda, program Lean terbaik pun tidak akan banyak membantu.

Banyak sekali informasi mengenai Lean, Toyota Production System, ataupun Six Sigma di luar sana. Anda bisa mendapatkan informasi tersebut dengan meluangkan waktu seminggu sekali untuk membaca buku atau mungkin dengan menghabiskan beberapa tahun hanya untuk mencerna dan memahami dengan baik apa yang tertulis selama ini mengenai program-proram tersebut. Anda bisa menyewa konsultan yang dapat menerapkan metode Lean di proses anda, untuk menghemat biaya. Anda bahkan bisa mengajarkan teknik Lean kepada beberapa orang yang akan terlibat dalam proyek tersebut. Semua hal ini merupakan sesuatu yang benar untuk dilakukan, namun mereka bukanlah penentu dari hasil akhir yang ingin Anda capai nantinya.

Baca juga  Pentingnya Assessment Sebelum Implementasi Project

Bacalah buku sebanyak-banyaknya. Lakukan diskusi dengan orang-orang yang berpengalaman, dan dengan para konsultan. Namun, sebelum Anda benar-benar mengambil langkah maju, tentukan dimana Anda ingin berada dalam 5, 10, dan 20 tahun mendatang, dan buatlah peta menuju kesana.***RR/RW