Apa hubungannya komunikasi internal dengan kesuksesan perusahaan? Bukankah kemajuan bisnis bergantung pada kualitas produk dan kepuasan pelanggan? Pemikiran ini tentu salah.

Tak peduli besar atau kecil perusahaan Anda, komunikasi yang baik sangat penting untuk produktivitas. Sebaliknya, komunikasi yang buruk membawa efek buruk, tak hanya menyebabkan miskomunikasi atau salah paham, tetapi juga kehilangan peluang besar. Selain membawa dampak pada produktivitas, komunikasi yang buruk dalam perusahaan juga memiliki dampak negatif lainnya. Simak beberapa di antaranya.

1. Produktivitas yang menurun

Saat Anda tidak mengkomunikasikan tujuan dan tugas dengan jelas, tentu karyawan tidak melakukan tugasnya sesuai harapan Anda. Bahkan jika Anda berkomunikasi dengan baik dengan karyawan Anda, tetapi mereka memiliki cara berkomunikasi yang buruk antara satu sama lain, produktivitas pun akan terpengaruh. Hasil pekerjaan yang salah akan menyia-nyiakan tenaga dan waktu.

2. Efisiensi yang rendah

Komunikasi yang buruk baik lisan maupun tulisan, dapat menghambat efisiensi organisasi atau departemen tertentu. Misalnya, pesan email yang ambigu atau kurang jelas dan memerlukan klarifikasi, dokumen yang perlu ditulis ulang karena kesalahan, atau presentasi dan wacana yang kurang informasi, dapat mempengaruhi arus kerja di perusahaan.

Keterampilan komunikasi bisnis yang efektif sangat penting untuk menyelesaikan proyek dengan sukses. Ketika beberapa karyawan atau departemen perusahaan bekerja sama untuk menyelesaikan sebuah proyek besar, tanpa menerapkan praktik komunikasi yang jelas, proyek perusahaan akan lamban dan tidak efisien untuk diselesaikan.

3. Semangat kerja karyawan

Lingkungan kerja yang sangat komunikatif dan kolaboratif mendorong produktivitas, kreativitas dan inspirasi karyawan. Jika keterampilan komunikasi buruk, karyawan kurang antusias dalam melakukan tugas mereka dan akan mempertanyakan nilai produk tersebut.

Keterampilan komunikasi bisnis yang buruk juga akan menurunkan motivasi karyawan karena mereka merasa terpaksa untuk hadir dalam presentasi yang membosankan di mana mereka diberi instruksi yang tidak jelas mengenai proyek dan target.

4. Berkurangnya Inovasi

Saat semangat kerja karyawan sudah melemah, inovasi ikut berkurang. Jika keterampilan komunikasi yang buruk mengakibatkan penanganan proyek-proyek penting yang tidak memadai, ini bisa melemahkan inovasi dan kapasitas perusahaan untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Karena kapasitas tim untuk berinovasi sesuai dengan kapasitas pemimpinnya dalam mengkomunikasikan arah, ide, dan perbaikan baru.

Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.