Prinsip Kaizen adalah pengembangan dan penyempurnaan secara terus menerus atau berkesinambungan dalam perusahaan. Salah satu hal yang mendukung penyempurnaan perusahaan adalah perubahan. Ketika perusahaan mulai menjadi stagnan, perubahan negatif pun mulai masuk. Inilah saat di mana sebuah perubahan positif harus dilakukan.

Perusahaan perlu memahami dua hal, yakni perubahan internal; mencakup hal-hal yang dikendalikan dan dibimbing oleh perusahaan, dan juga perubahan eksternal atau faktor-faktor yang mengendalikan perusahaan dari luar. Dalam melakukan perubahan yang sempurna, tentu kita tak hanya melakukannya pada salah satunya saja, namun harus keduanya, baik perubahan eksternal maupun internal.

Sebelum memulai langkah pertama dalam perubahan penting untuk membentuk mindset setiap individu dalam perusahaan bahwa perubahan bukanlah sebuah hal negatif yang harus dihadapi, tapi merupakan sebuah hal positif yang harus didorong. Ketika perusahaan Anda memutuskan untuk melakukan perubahan dan menerapkannya sesuai dengan kepentingan perusahaan, mindset positif tersebut akan membantu memperbaiki dan mengembangkan perusahaan Anda. Meskipun ada kemungkinan bahwa tidak semua perubahan akan berhasil dilakukan sekaligus.

Merencanakan Perubahan: Libatkan Semua Anggota
Tanyakan pada diri sendiri, apakah mungkin karyawan tidak menyukai perubahan yang diimplementasikan dalam perusahaan? Sangat mungkin. Oleh karena itulah, perubahan yang baik adalah perubahan yang ikut direncanakan oleh seluruh anggota organisasi.

Artinya, mereka bukan hanya sekadar bersiap-siap atau menantikan apa yang terjadi saat perubahan tiba, atau hanya bersiap untuk bereaksi terhadap perubahan. Tetapi mereka ikut mempersiapkan perubahan itu sendiri. Ini adalah pendekatan proaktif terhadap realitas perubahan, dan ini akan memastikan perubahan yang terjadi hanya yang dimaksudkan untuk menguntungkan perusahaan.

Perubahan yang direncanakan juga cenderung menimbulkan masalah di dalam perusahaan. Bahkan bagi orang-orang yang sama sekali tidak menyukai perubahan, jauh lebih baik jika ada perubahan yang direncanakan daripada yang tidak terduga. Adalah penting untuk menyertakan individu dari seluruh tempat kerja bagi gagasan perubahan di dalam perusahaan. Ini akan membantu memastikan semua orang tidak hanya siap untuk perubahan, namun berpartisipasi dalam pelaksanaannya.

Mengontrol Perubahan
Hal besar lainnya tentang perusahaan yang menganut fakta bahwa mereka harus menjadi pendorong perubahan adalah mereka bisa mengendalikannya. Mengontrol perubahan bisa bermanfaat dalam berbagai cara. Implementasi perubahan dapat didorong pada waktu yang tepat. Pelatihan lebih lanjut dapat diberikan.

Perusahaan dapat menjadwalkan perubahan pada waktu yang ideal. Hal tersebut lebih baik dilakukan daripada hanya menunggu hal itu terjadi. Banyak perusahaan, misalnya, memiliki waktu tertentu di tahun di mana bisnis lebih lambat. Penjadwalan perubahan besar yang harus dilakukan pada masa-masa ini akan jauh lebih mudah daripada mencoba menghadapinya pada waktu tersibuk tahun ini.

Mengontrol perubahan, sejauh mungkin, merupakan bagian penting dari bisnis yang sukses. Hal ini memungkinkan orang untuk merencanakan dan mempersiapkan perubahan, jadi ketika itu terjadi, mereka siap untuk menghadapinya dan bergerak maju dengan percaya diri.

Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.