Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas hal-hal penting dalam mengimplementasikan operational excellence dalam industri manufaktur. Namun, langkah konkret apa saja yang sebaiknya dilakukan untuk dapat mencapai operational excellence dalam industri manufaktur Anda?

Di antara berbagai langkah yang dapat Anda lakukan, setidaknya lima hal berikut dapat membuat Anda merasakan perubahan positif pada industri manufaktur Anda yang mengarah pada tercapainya operational excellence.

1. Berinvestasi dalam teknologi dan peralatan baru
Berinvestasi dalam teknologi dan peralatan baru adalah tanda komitmen perusahaan untuk terus memperbaiki diri. Karena teknologi baru memperluas kemampuan dan memungkinkan perusahaan menarik lebih banyak pelanggannya yang ideal.

2. Menumbuhkan budaya perbaikan terus menerus
Dengan cara membagikan target kerja kepada karyawan, mereka pun akan berperan aktif dalam kegiatan perbaikan yang berkelanjutan. Tingkatkan hubungan Anda sebagai pemimpin dengan para karyawan sebagai sebuah tim dengan banyak memberi contoh. Ada baiknya memberikan reward kepada karyawan yang berprestasi, untuk menunjukkan bahwa usaha mereka dihargai, sehingga menciptakan motivasi kerja yang berkelanjutan.

3. Membuat tolok ukur
Belajar dari orang lain yang telah sukses di industri yang kita jalani adalah salah satu cara cerdas untuk mencapai operational excellence. Mengadopsi praktik terbaik dari para pemimpin yang telah terbukti berhasil menerapkan gagasan baru dan berbeda, mengapa tidak?

4. Berinvestasi dalam sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang superior
Sekalipun perusahaan Anda tergolong kecil, tentu tidak bisa dikelola hanya melalui email dan telepon. Melacak informasi dan aksesibilitas terhadap informasi dengan sistem yang juga disebut dengan perencanaan sumber daya perusahaan ini sangat penting bagi industri manufaktur. Sistem informasi ini diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan

5. Dorong karyawan untuk memberi saran
Tak hanya kemampuan mereka saja yang Anda butuhkan untuk memajukan perusahaan, namun juga saran dan pendapat mereka. Saran untuk perbaikan dari orang-orang yang memiliki pengalaman langsung tentu sangat berharga. Buatlah sesi brainstorming dengan para anggota tim produksi untuk menentukan apa yang dapat dilakukan kedepannya dalam rangka memperbaiki proses, entah itu proses pengaturan penyesuaian ataupun perubahan pada arus produk.

Perlu diingat kembali, operational excellence berarti menerapkan praktik terbaik, memiliki budaya perbaikan terus-menerus, dan memanfaatkan teknologi terkini dalam produk dan metode produksi. Selain lima hal di atas, adakah hal lain yang dilakukan oleh perusahaan Anda untuk mencapai operational excellence?

Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.