Mengembangkan brand memang perlu untuk meningkatkan awareness konsumen Anda, namun dibutuhkan waktu dan perencanaan yang matang.

Coba ingat-ingat kembali saat Anda menggosok gigi pagi ini. Bisa jadi pasta gigi dan sikat gigi Anda merupakan dua merk yang berbeda. Ya, begitu banyak merk di sekeliling Anda. Apa yang membuat mereka begitu populer? Mari kita ambil pelajaran dari sana.

1. Identifikasi target pasar

Tipe pelanggan apa yang ingin Anda tarik? Keberhasilan usaha branding perusahaan Anda akan bergantung pada pelanggan yang Anda kejar. Musik pop punk dan hip hop dapat menarik konsumen muda, namun jenis iklan ini tidak cocok untuk usia tua. Layanilah kepentingan calon klien Anda.

2. Legalitas

Teliti gagasan Anda sehingga Anda tidak melanggar brand perusahaan lain. Mengembangkan brand Anda adalah investasi jangka panjang. Daftarkan brand dagang Anda secara legal untuk melindungi nama perusahaan Anda dari penipuan dan kemungkinan kebingungan pelanggan.

3. Logo dan skema warna

Pilihlah warna sederhana dan font yang mudah dibaca untuk logo perusahaan Anda. Memilih grafis yang mengatakan sesuatu tentang bisnis Anda membantu membuat nama brand menjadi unik. Contoh bagus dari logo yang efektif adalah lingkaran Pepsi yang merah, putih dan biru. Logo sederhana mendominasi kaleng dan botol yang tercetak dan satu-satunya bacaan yang dibutuhkan adalah menentukan apakah itu makanan biasa, rasa, diet atau kafein gratis.

4. Penggunaan tokoh yang tepat

Rangsangan visual akan membantu calon pelanggan mengingat Anda. Ambillah perhatian mereka dengan iklan yang menggunakan orang atau karakter yang dikenali. Penjualan Hanes meningkat ketika Michael Jordan menjadi juru bicara untuk kampanye nasional dan iklan televisi mereka. Usaha kecil yang dimulai mungkin tidak bisa merekrut selebritas terkenal seperti Michael tapi ada cara lain untuk menarik pelanggan dan menciptakan identitas untuk bisnis Anda.

Buat karakter anda sendiri. Selebritas animasi seperti permen M&M telah dihidupkan di televisi dan iklan online. Jika Anda terlibat langsung dengan konsumen Anda di lingkungan ritel, Anda bisa menjadi wajah perusahaan Anda. Jika Anda merasa tidak nyaman menggunakan foto yang sebenarnya, pertimbangkan untuk mengubah gambar menjadi kartun. Dengan mudahnya , ada banyak software yang bisa mengubah gambar menjadi sketsa. Anda juga bisa menyewa jasa seorang profesional untuk menghidupkan kemiripan Anda dan menggunakannya pada semua iklan Anda.

5. Tagline atau jingle yang “catchy

“Anda pantas istirahat hari ini” tidak terdengar sesering biasanya, tapi kebanyakan orang masih ingat jingle yang mudah diingat. Pepatah itu menjadi populer sebelum ada restoran cepat saji di setiap sudut. Itu adalah perlakukan bagi seorang wanita untuk makan malam di McDonalds dan tidak harus memasak. Apa tawaran perusahaan Anda yang dapat membantu konsumen? Baris tag Anda harus singkat, mudah diingat dan mengirim pesan ke pelanggan Anda. Ubah garis tag Anda menjadi jingle musik dan perusahaan Anda akan menjadi konsumen merek yang akan diingatnya.

Bagaimana? Anda sudah siap mengembangkan brand?