Bagaimana melakukan presentasi yang efektif dan menarik? Buku lama karangan Ray Anthony yang berjudul Talking to the Top – Executive’s Guide to Career-Making Presentations menjadi referensi tepat bagi Anda.

Presentasi di hadapan eksekutif berbeda dengan jenis presentasi lainnya. Dibutuhkan pola pikir dan tingkat keterampilan yang berbeda untuk memenangkan pengambilan keputusan. Karena waktu yang disediakan terbatas, presentasi eksekutif juga menjadi salah satu pembicaraan paling sulit untuk dirancang dan dilakukan. Audiens yang cerdas menekankan informasi yang terorganisir serta jawaban dan solusi yang matang, tepat sasaran untuk masalah mereka hadapi. Untuk menjawab tantangan ini, Anda membutuhkan keahlian dalam “toptalk”.

Mengenal audiens berarti Anda mengambil peran sebagai peneliti, detektif, dan bahkan mungkin psikolog, ini tidak akan sulit atau memakan waktu jika dilakukan dengan benar. Presentasi harus selaras dengan keseluruhan kondisi organisasi dan lingkungan operasinya. Ini berarti mempertimbangkan budaya organisasi serta visi, misi, dan tujuannya. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencapai ini adalah dengan berkumpul dengan beberapa anggota audiens sebelum presentasi, berbicara dengan orang lain yang pernah melakukan presentasi dengan kelompok tersebut, dan meminta biografi anggota utama audiens. Jika seseorang dipaksa untuk memberikan presentasi di tempat (spontanitas), di awal presentasi audiens bisa diminta menjawab serangkaian pertanyaan singkat. Dengan informasi ini, toptalker dapat dengan cepat menyesuaikan pesan dengan kebutuhan audiens.

Talking to the Top, bukan tentang membuat pidato, ini lebih ke leadership – tentang cara menggunakan karisma dan keterampilan seseorang sebagai “grand strategist” dan visioner untuk  menginspirasi, menggerakkan, dan memotivasi. Dalam kata pengantar, Warren Bennis mengingatkan kita bahwa “persuasi adalah inti dari kepemimpinan.” Pemimpin secara otentik peduli dengan pengikut mereka, membimbing mereka untuk percaya dan meraih manfaat jangka panjang dari apa yang mereka dukung.

Kepemimpinan jangka panjang tidak dapat dicapai tanpa kepercayaan, yang dihasilkan dengan menambahkan nilai nyata dan menghormati komitmen. Mereka “memiliki sesuatu yang bermakna untuk dikatakan dan menyampaikannya dengan gaya yang mengesankan, tetapi kita dapat mempercayai kata-kata mereka karena mereka akan mengikat diri mereka dengan mereka.”

Jadi, mengapa faktor kepemimpinan sangat penting untuk mempengaruhi audiens? Berdasarkan penelitiannya terhadap eksekutif puncak, Ray Anthony menyimpulkan bahwa untuk membujuk audiens (para eksekutif), seseorang harus menunjukkan keterampilan kepemimpinan dan pola pikir yang sama yang dimiliki oleh audiens. Dia menggunakan istilah “toptalk” karena itu mewakili cara khusus untuk mengatasi orang-orang eksekutif di organisasi mana pun.

Jadi, sementara banyak penulis lain fokus pada teknik berbicara verbal dan nonverbal, Anthony mengeksplorasi apa yang membuat para eksekutif terkesan dan berfokus pada peningkatan efisiensi pesan untuk membuat efek dramatis menggunakan semangat, keyakinan, komitmen, dan kreativitas.

Buku unik ini akan memperluas perspektif Anda, memperluas pengetahuan Anda tentang seni dan ilmu memotivasi orang lain, dan menambahkan beberapa keterampilan presentasi yang efektif. Dan, seperti Anthony katakan, model, konsep, teknik, dan kiatnya “luar biasa” untuk presentasi apa pun ke grup mana pun. Kami yakin itu berhasil.