Ada begitu banyak hal yang bisa membantu kita mendapatkan produktivitas terbaik.

Mulai dari motivasi yang tepat, dukungan tools terbaik, dan kisah orang-orang yang menginspirasi.  Tapi, apakah ini semua sudah cukup?Ada satu hal yang tidak kalah penting yaitu kompetisi, utamanya dengan diri sendiri. Jika Anda ingin melampaui batas Anda dan meretas potensi Anda, itu berarti Anda harus berusaha dengan cara yang lebih terkonsentrasi setiap hari. Berikut beberapa hal yang bisa membantu Anda menjadi versi terbaik diri sendiri yang produktif dan bahagia:

  1. Bangun Semangat AndaLakukan hal-hal yang bisa memberi Anda energi positif dan bangun energi itu setiap hari. Pikirkanlah, siapa yang tidak ingin dipenuhi dengan energi positif?
  2. Manfaatkan Waktu Produktif Anda dengan MaksimalMungkin Anda tahu kapan waktu paling produktif yang Anda miliki, misal pada hari Senin di jam 9 pagi hingga 1 siang, Anda dapat memanfaatkan waktu itu untuk mencapai hal-hal yang luar biasa.
  3. Jadwalkan Pertemuan Rutin dengan Teman. Hal-hal menakjubkan dapat terjadi di otak kita ketika kita berbicara dengan partner atau teman yang tepat. Mereka bisa mendengarkan kita dan memberi masukan ke arah yang lebih baik. Jadwalkan waktu dengan mereka di sela rutinitas Anda.
  4. Kelola Waktu Anda dengan BaikBanyak dari kita menghabiskan terlalu banyak waktu di media sosial. Permasalahannya, kita tidak menyadari  telah mengeksploitasi banyak waktu tanpa mendapat imbalan atau manfaat darinya. Apakah Anda ingin selalu seperti ini?
  5. Pelajari Bahasa ke-2 atau ke-3. Kita semua adalah warga global di era pasca-modern, negara asal kita tidak membatasi peluang kita. Pelajari bahasa yang paling berguna di masa depan seperti bahasa Mandarin.
  6. Bedakan Antara Minat dan PenghambatVideo game, Netflix, atau tidak melakukan apa-apa adalah minat bawaan. Jika kita tidak bersosialisasi dan membaca secara produktif, minat kita akan tetap sama. Namun, jika kita terganggu, kita tidak akan bisa bersosialisasi atau pun membaca untuk mendapatkan inspirasi. Maka lakukanlah hal-hal tersebut dengan bijak.
  7. Cari Pengalaman BaruPengalaman adalah guru terbaik, karena itu alami dan tidak dipaksakan. GenZ dan generasi Millennial mengubah pola konsumsinya, mereka menunjukkan kepada kita pengalaman baru. Kekayaan dan belanja tidak memuaskan kita, tetapi pengalaman dapat menciptakan nilai yang akan terus mempengaruhi kita dari waktu ke waktu. Anda bisa berpergian ke negara baru dan bisa berubah karenanya.

 

Baca juga  Jika 5 Kemampuan Ini Telah Anda Miliki, Berarti Anda Memang Seorang Problem Solver Sejati