SHIFT SSCX Inisiatif perbaikan

Proses improvement merupakan sebuah hal fundamental dalam proses manajemen bisnis. Jika anda sedang menjalankan sebuah bisnis, maka anda akan bergantung pada dua hal, yaitu :

  • Orang-orang yang anda pekerjakan; berkaitan dengan kemampuan dan juga kapabilitas mereka sebagai tenaga kerja
  • Proses yang anda terapkan; hal ini berhubungan dengan cara anda melakukan sesuatu

Sehingga, satu-satunya cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan aktivitas operasional dalam bisnis yang anda jalankan adalah dengan meningkatkan aktivitas pada 2 hal tersebut, tenaga kerja dan juga prosesnya.

Cara efektif mengubah proses adalah dengan melakukannya setiap hari. Namun, seiring dengan proses improvement yang sedang anda lakukan, sudah pasti anda mengalami kendala yang cukup sulit dalam melakukan proses improvement tersebut.

Kenapa ?

Permasalahan dalam proses improvement adalah bahwa perusahaan tidak fokus pada apa yang paling dibutuhkan pelanggan, biasanya perusahaan hanya fokus pada apa yang diinginkan oleh manajer senior, stakeholders, ataupun owner.

Jika saat ini anda sedang melakukan proses improvement, berikut 3 pertanyaan yang harus anda jawab untuk mengetahui apakah proses yang anda lakukan sudah tepat :

1. Apa Tujuan anda?

Sebuah proses merupakan serangkaian tindakan atau langkah-langkah untuk mencapai tujuan tertentu, yang mana pada akhirnya hasil dari proses tersebut merupakan hal yang penting. Jika proses yang sudah anda lakukan berjalan lancar, maka anda sudah pasti mengetahui secara jelas apa saja yang akan anda produksi. Proses improvement yang anda lakukan dalam bisnis harus benar-benar memiliki tujuan yang jelas.

2. Siapa Saja Pelanggan Anda?

Satu-satunya orang yang dapat memberitahu anda, kalau anda sudah berhasil mencapai tujuan yang anda inginkan adalah pelanggan anda sendiri. Mereka lah orang yang membuat anda memiliki tujuan dalam menciptakan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Pelanggan anda jugalah yang akan membayar apa yang sudah anda kerjakan.

Baca juga  Mengapa Pelatihan Leadership Masih Penting? Ternyata ini Alasannya

3. Apakah Pelanggan Anda Merasa Senang?

Jika seluruh proses yang sudah anda jalankan berhasil menciptakan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan anda, maka tidak ada cara lain yang lebih baik, karena anda sudah menjalankan proses improvement dengan tepat. Proses improvement singkatnya adalah mengubah cara anda melakukan aktivitas bisnis demi memenuhi kebutuhan pelanggan.***