Keterlibatan karyawan adalah pendekatan kerja yang dirancang untuk memastikan bahwa karyawan berkomitmen untuk mencapai tujuan organisasi dan nilai-nilai yang tertanam dalam organisasi, sehingga mereka termotivasi untuk memberikan kontribusi bagi keberhasilan organisasinya.

Hal ini lah yang dilakukan oleh Standard Chartered. Mereka berfokus pada program-program pemberian dukungan kepada manajer untuk membangun dan menjaga kinerja individual dan tim melalui keterlibatan yang tinggi.

Hasil survey yang dilakukan Standard Chartered selama 8 tahun terakhir tentang program partisipasi karyawannya juga menunjukkan bahwa 95% tingkat partisipasi yang konsisten membuat karyawan yang terlibat lebih produktif dan memiliki keterkaitan yang jelas dengan peningkatan kinerja bisnis. Sehingga terus membangun keterlibatan karyawan akan tetap menjadi prioritas kunci bagi mereka.

Selain, peningkatan produktivitas, program partisipasi karyawan juga akan membantu manajemen mengidentifikasi peluang dengan memanfaatkan kecerdasan kolektif dan wawasan dari setiap individu.

Jadi, mengapa organisasi anda juga perlu untuk berinvestasi pada program partisipasi karyawan seperti ini? Inilah 4 alasan lainnya:

1. Memiliki Visi yang Lebih Baik

Jika anda ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, maka anda perlu memeriksanya lagi dari beberapa sudut pandang untuk memastikan bahwa anda sudah mendapat hasil yang paling baik. Program partisipasi karyawan, akan membantu anda menemukan orang-orang yang paling dekat dengan tantangan bisnis perusahaan dan mencari peluang untuk melakukan perbaikan dan inovasi, sehingga memberikan manajemen pemahaman yang lebih lengkap dari gambaran besarnya.

2. Adanya Keberagaman Ide

Setiap orang memiliki pikiran dan sudut pandang yang berbeda dalam menyelesaikan masalah yang ada. Perbedaan latar belakang dari setiap individu yang terlibat akan memberikan sudut pandang yang unik sebelum pengambilan keputusan di buat. Hal ini disebut “keragaman kognitif” di mana hasil keputusan ini akan lebih baik di banding keputusan individu saja.

Baca juga  4 Inovasi Pengelolaan dan Pengembangan Sumber Daya Air Berkelanjutan yang Tampil di Ajang WWF

3. Invested Staff

Para karyawan akan lebih mungkin mengambil inisiatif tindakan saat mereka memiliki rencana untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Hal ini menjadi sebuah keuntungan bagi organisasi. Dengan demikian, hubungan antara karyawan dengan organisasi akan meningkat secara keseluruhan. Hal-hal tidak terduga juga bisa saja terjadi, seperti orang bisa melakukan prestasi yang luar biasa ketika mereka mengambil inisiatif sendiri.

4. Budaya Pengakuan

Program partisipasi karyawan adalah cara yang baik untuk mengenali dan menghargai setiap karyawan yang ada dalam organisasi anda. Dengan program partisipasi karyawan, organisasi anda juga ikut membangun budaya pengakuan yang timbul secara alami dari budaya organisasi anda. Sebagai manfaat tambahan, dalam hal pekerjaan, karyawan yang diakui atas kontribusi mereka, juga akan lebih mungkin dikenali oleh yang lainnya.***RR/RW

Sumber: http:blog.kainexus.com