Proses seleksi dalam kompetisi OPEXCON melibatkan beberapa tahapan untuk memastikan proyek-proyek yang berpartisipasi memenuhi kriteria. Nah, berikut adalah tahapannya:

1. Pendaftaran

Peserta yang ingin berpartisipasi harus mendaftar atas nama perusahaan dengan mengirimkan informasi dan membayar biaya pendaftaran sesuai ketentuan komite OPEXCON. Masing-masing peserta akan dikategorikan berdasarkan sektor industrinya: Manufaktur, Services, Mining dan Energi.

2. Mengikuti Workshop

Peserta yang terlibat di acara OPEXCON Project Competition dibekali dengan pelatihan menggunakan metode workshop mengenai tools dan cara problem solving. Peserta berhak memilih dan mengikuti salah satu workshop (PDCA/ DMAIC/ Design Thinking) sesuai agenda yang ditentukan oleh komite OPEXCON. Workshop akan diselenggarakan secara online di bulan September 2024.

3. Pengiriman Dokumen Proyek

Setelah melakukan registrasi, Peserta akan mendapatkan template project report dan project summary dari komite OPEXCON. Setelah dilengkapi, peserta wajib mengirimkan materi tersebut kepada komite OPEXCON bersamaan dengan video presentasi dengan panjang durasi 15 menit yang telah direkam (presenter adalah project leader) selambatnya tanggal 15 September 2024. Peserta wajib mengirimkan laporan atau dokumentasi proyek sesuai dengan ketentuan dan kriteria penilaian yang berlaku. Panitia akan memastikan peserta melengkapi dokumen proyek tersebut.

Bagaimana dengan keamanan informasi project yang telah disubmit? SHIFT Indonesia selaku penyelenggara OPEXCON Project Competition berkomitmen tinggi terhadap keamanan data dan informasi yang telah dikirim. Semua data dan informasi hanya akan digunakan untuk keperluan penjurian, semua pihak terkait akan menandatangani perjanjian kerahasian informasi (NDA).

4. Final Presentasi

Proyek-proyek yang memenuhi syarat akan dievaluasi oleh tim juri berdasarkan kriteria penilaian yang berlaku. Setiap tim akan melakukan presentasi proyek secara langsung dihadapan juri. Ini adalah kesempatan peserta untuk memberikan penjelasan lebih terinci dan menunjukkan dampak yang telah dicapai. Berdasarkan evaluasi dan presentasi, finalis atau peserta terbaik dipilih oleh tim juri. Dewan Juri OPEXCON Project Competition mengusung konsep Triple Helix: Academic-Business-Government (ABG). Akademisi merupakan perwakilan dari universitas terbaik di Indonesia (UI dan ITB); Bisnis disini adalah Profesional dari konsultan bisnis terbaik, SCCX International; dan Pemerintah yang diwakili oleh Kementerian Perindustrian.

Baca juga  Sukses Digelar, Hannover Messe 2024 Bawa Dampak Positif Bagi Indonesia

Penjurian OPEXCON Project Competition 2024 akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2024 secara offline. Komite akan membagikan agenda presentasi selambatnya 14 hari sebelum pelaksanaan penjurian. Project leader wajib mengikuti sesi penjurian, komite tidak akan menjadwalkan ulang peserta yang tidak hadir. Hasil penjurian Dewan Juri bersifat mutlak.

5. Penghargaan dan Konferensi

Pemenang kompetisi diumumkan dan diberi penghargaan langsung pada acara konferensi tahunan SHIFT Indonesia bertajuk Indonesia Operational Excellence Conference and Award yang akan diadakan secara offline pada bulan November 2024. Konferensi ini menjadi ajang bertemunya pelaku-pelaku inovasi di tanah air untuk saling berbagi pengetahuan dan berjejaring.

Informasi lebih lanjut: 087857630200 atau email info@shiftindonesia.com