Dear Expert,

Saat ini perusahaan kami baru saja memulai inisiatif Lean Six Sigma, dan pada tahap start-up ini perusahaan telah banyak menyediakan sumber daya. Tentu saja manajemen mengharapkan ROI (Return on Investment) yang sepadan. Pertanyaannya, apakah faktor sukses yang kritis, yang diperlukan dalam meraih ROI yang memuaskan?

Faktor sukses yang paling kritis untuk meraih ROI tinggi adalah project selection.

Jika ROI dan financial benefit yang menjadi tujuan perusahaan, ada beberapa cara yang dilakukan untuk mencapainya, antara lain menurunkan jumlah investasi atau mereduksi waktu yang dibutuhkan dalam mencapai target proyek. Namun cara yang paling efektif adalah dengan meningkatkan keuntungan (return/improvement) dari masing-masing proyek sesuai target.

Improvement atau keuntungan penerapan Lean Six Sigma yang didapatkan melalui berbagai cara (yang tentunya harus dikombinasikan dengan seimbang), seperti meningkatkan kualitas training, kualitas kandidat yang akan memimpin proyek, dukungan lebih besar dari top management, dan pemanfaatan kesempatan yang ada. Namun faktor-faktor tersebut tidak akan efektif tanpa adanya ketepatan dalam pemilihan proyek.

Kesuksesan suatu proyek Lean Six Sigma sangat bergantung kepada kesesuaian dengan inisiatif organisasi. Proyek yang dijalankan haruslah sesuai dengan arah dan tujuan perusaaan. Karena itulah project selection merupakan faktor yang sangat penting sebagai start awal yang menentukan seberapa besar impact yang terjadi setelah proyek rampung.

Penentuan arah dan langkah proyek Lean Six Sigma yang sesuai dengan target dari stakeholder dapat mencegah keluarnya biaya berlebih yang sebetulnya tidak perlu. Disamping itu tentu saja dengan menargetkan tujuan strategis sesuai dengan target perusahaan akan menimbulkan efek yang lebih hebat terhadap perolehan ROI.

Sebuah program yang baik akan memungkinkan sebuah proyek menelurkan ROI yang signifikan, memenuhi target dengan impact yang lebih terasa, seperti revenue proyek yang akan meningkatkan growth rate perusahaan. Akhirnya, ini akan membawa perusahaan menempati posisi yang lebih tinggi di ajang kompetisi.

Baca juga  Satu Faktor yang Membuat Perusahaan Inovatif Selalu Terdepan